Breaking News:

Harun: Sanksi Blacklist SNMPTN Terlalu Keras

Kabar adanya sekolah-sekolah yang melakukan kecurangan saat SNMPTN 2013 ternyata sudah diketahui Kepala Dinas Pendidikan Jatim Harun.

Harun: Sanksi Blacklist SNMPTN Terlalu Keras
net
Kepala Dinas Pendidikan Jatim Harun

SURYA Online, SURABAYA - Kabar adanya sekolah-sekolah yang melakukan kecurangan saat SNMPTN 2013 ternyata sudah diketahui Kepala Dinas Pendidikan Jatim Harun. Beberapa hari lalu Harun bahkan sudah berkoordinasi dengan panitia SNMPTN dari ITS terkait hal ini.

"Saya sudah koordinasi dengan Bu Ismaini (Humas SNMPTN dari ITS) agar jangan sampai hal itu terulang di tahun 2014 mendatang,"kata Harun saat dikonfirmasi, Jumat malam (14/12/2013).

Menindaklanjuti hal ini, rencananya pihaknya berkoordinasi dengan kepala dinas kabupaten/kota se Jatim. Di koordinasi ini juga akan dibeber sejumlah mekanisme dan prosedur SNMPTN 2014 agar kesalahan-kesalahan itu tidak terulang.

Dan koordinasi ini harus ditindaklanjuti kabupaten/kota untuk  menyosialisasikan SNMPTN di tingkat sekolah , baik negeri maupun swasta sehingga informasi itu tepat sasaran.

"Mulai Januari 2014, sosialisasi itu sudah mulai dilakukan sehingga benar-benar dimengerti dan tepat sasaran,"kata mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim.

Menurut Harun, adanya kesalahan pengisian di Pangkalan Data Sekolah Siswa (PDSS), bisa jadi bukan disengaja sekolah, tetapi memang ketidaktahuan sekolah. Karena itu, menurut dia, ancaman blacklist bagi sekolah tersebut dinilai terlalu keras.

"Bisa jadi, sekolah memang tidak mengerti prosedurnya karena memang baru,"katanya.
Apalagi, di SNMPTN 2014 sosialisasinya sangat mendadak dengan proses pendaftaran. "Makanya itu untuk pelaksanaan mendatang perlu digiatkan sosialisasi lagi,"katanya.

Sementara terkait dugaan adanya pungutan untuk mendapat password, menurut Harun hal ini harus diusut tuntas. Apakah hal itu dilakukan untuk kepentingan pribadi atau memang ada kepentingan sekolahnya. Jika memang untuk kepentingan pribadi, tidak selayaknya jika sanksinya dibebankan siswa dengan mem-black list ikut SNMPTN. "Untuk masalah ini perlu ditelaah lebih lanjut, tidak boleh dianggap gampang,"tukasnya.

Tags
blacklist
Penulis: Musahadah
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved