Lifestyle

Singkirkan Gadget dan Biarkan Anak Bermain di Luar

Kenyataannya anak-anak lebih memilih memainkan iPad daripada mencari pengalaman dan pengetahuan dengan melihat lingkungan.

Singkirkan Gadget dan Biarkan Anak Bermain di Luar
ilustrasi

SURYA Online, SURABAYA - Memanjat pohon, menaiki batu, melihat serangga merupakan kegiatan yang seharusnya mengisi hari-hari anak.

Namun, sekarang kenyataannya anak-anak lebih memilih memainkan iPad daripada mencari pengalaman dan pengetahuan dengan melihat lingkungan.

Hal ini menjadi gaya yang berlanjut. Natal tahun ini diperkirakan orangtua akan mengeluarkan biaya sekitar Rp 12 juta untuk membelikan gadget sebagai kado Natal anaknya.

Dilansir Daily Mail, Senin (9/12/2013), sebuah kampanye telah meminta orangtua untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak mereka sehingga anak-anak tidak bergantung dengan layar gadget.

Adalah organisasi Wild Network yang menyebarkan kartu Wild Time kepada para orangtua untuk diberikan keapda anak-anaknya sehingga anak-anak dapat mengeksplor pengetahuan diluar layar gadgetnya.

Kartu itu dapat diperoleh secara gratis melalui internet sehingga membantu orangtua untuk menghabiskan waktu bersama anaknya diluar rumah.

Sebuah penelitian untuk National Trust mengungkapkan bahwa 4 dari 5 orangtua mengakui anak-anaknya menghabiskan sedikit waktu bermain diluar.

Anak-anak lebih lama menghabiskan waktu untuk memainkan permainan yang sesuai dengan usia mereka di iPad.

Sebuah data mengungkapkan tingkat anak-anak yang bermain games di gadget selama dua jam atau lebih pada tahun 2006 hingga 2010 meningkat dari 42% hingga 55% untuk anak laki-laki dan 14% hingga 20% untuk anak perempuan. (VICENTIA VADENA)

Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved