Peringatan Hari Pahlawan

Masyarakat Gresik Jalan Kaki 35 Kilometer

Regu terbaik mendapat hadiah Rp 7 Juta, Rp 5 Juta untuk regu terbaik kedua dan Rp 3 Juta, terbaik ketiga

Masyarakat Gresik Jalan Kaki 35 Kilometer
surya/sugiyono
PERJUANGAN - Untuk memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember, peserta jalan sehat Balongpanggang-Gresik berkostum pakaian perjuangan, Sabtu (30/11/2013).

SURYA Online, GRESIK - Ribuan pemuda dan masyarakat Gresik merayakan hari Pahlawan 10 Nopember dengan berjalan kaki sepanjang 35 Kilometer, dari Kecamatan Balongpanggang sampai Alun-alun Gresik, Sabtu (30/11/2013).

"Jumlah peserta gerak jalan tahun ini meningkat 104,38 persen sekitar 8.000 orang lebih dibanding Tahun 2012. Partisipasi pemuda dan masyarakat Gresik sangat besar sehingga pesertanya melebihi tahun kemarin," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Olah raga (Disbudparpora) Kabupaten Gresik, Siswadi Aprilianto.

Acara gerak jalan Balongpanggang-Gresik sudah dilaksanakan setiap tahun dengan rute dari depan Kantor Capem Bank Jatim Balongpanggang, Jl Raya Balongpanggang, menuju Desa Morowudi, Kecamatan Cerme, Jl Raya Cerme, Jl Dr Wahidin Sudirohusodo, Jl Soetomo, Jl Jaksa Agung Suprapto, Jl Pahlawan dan terakhir di Alun-alun Gresik Jl Wachid Hasyim.

"Gerak jalan ini tidak merebutkan hadiah, hanya menumbuhkan semangat pemuda dan masyarakat Gresik dalam mengenang jasa-jasa Pahlawan dengan jalan sehat serta kebersamaan," jelasnya.

Gerak jalan tersebut melibatkan, karang taruna, masyarakat umum, mahasiswa, siswa sekolah dan tokoh masyarakat. Untuk mengawal peserta dilibatkan Polisi, Kodim 0817 dan Puskesmas.

"Saya membawa boneka bayi dan pakaian putih ini sebagai simbol korban perang jaman dulu. Selain itu juga agar masyarakat tidak bosan," kata Iwan Andre (28), warga Desa Babatan, Kecamatan Balongpanggang.

Peserta jalan sehat yang masih duduk di bangku kelas 1 SD Balongpanggang atas nama Fahru Bintar Faldi Adhani (7), anak dari Mukhlis (41), ikut jalan sehat setiap tahun sejak 2011 sampai 2013. "Anak saya setiap tahun ikut atas keinginan sendiri, kalau capek dinaikkan motor oleh Ibunya," kata Mukhlis yang ikut jalan sehat mengiringi anaknya bersama regu Desa/Kecamatan Balongpanggang.

Regu terbaik mendapat hadiah Rp 7 Juta, Rp 5 Juta untuk regu terbaik kedua dan Rp 3 Juta, terbaik ketiga. Sedangkan juara perorangan mendapatkan Rp 4 Juta, kedua Rp 3 Juta dan ketida 2 Juta.

Penulis: Sugiyono
Editor: Wahjoe Harjanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved