Wisata Akmil

Akademi Militer Magelang memang kawah candradimuka menempa para taruna muda, sekaligus lokasi wisata asyik....

Wisata Akmil
Muhammad Hasan

Oleh: Muhammad Hasan 
Mahasiswa UIN Maliki Malang
muhammadhasan142@gmail.com

Akademi militer (akmil) di Magelang, Jawa Tengah memiliki fasilitas terlengkap. Mulai dari perpustakaan, museum, hingga toko suvenir. Dan rombongan mahasiswa UIN maliki Malang mendapat kesempatan istimewa berlibur gratis ke Akmil Magelang.

Dan museum Abdul Djalil ini menjadi salah satu magnet bagi kami. Harimau yang sudah diawetkan menyambut kami sebelum menjelajah ke dalam museum. Keunikan mewarnai museum ini, mulai dari foto-foto perjuangan para prajurit, baju tentara berlumuran darah dan lain sebagainya.

Di setiap sudut dinding terpajang foto prajurit yang telah purna, seperti presiden Susila Bambang Yudhoyono.Di ruang khusus terpajang senjata dan aksesori perang, seperti pistol, meriam, peluru, pedang dan lain-lain. Di ruang ini pengunjung tak diperkenankan mengambil gambar apapun. Paling unik dan langka adalah pistol emas, cinderamata dari negara sabahat.

Akmil Magelang sendiri adalah kawah candradimuka bagi para taruna muda yang dididik dengan disiplin tinggi menjadi pribadi tangguh, idealis, dan memiliki nasionalis tinggi. Sejumlah alumnus terbaik Akmil Magelang selain presiden SBY ada juga Agum Gumelar hingga Wiranto.

Editor: Tri Hatma Ningsih
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved