Usia 7 Bulan Berat Cuma 4 Kg

Tapi kalau terus dibiarkan tanpa penanganan serius, akan menjadi kasus gizi buruk.

Usia 7 Bulan Berat Cuma 4 Kg
KURANG GIZI - Kalista digendongan ibunya

SURYA Online, LAMONGAN - Kalista Rani Bilfa Hermawati, putri pertama pasangan Luky Hermawan (25) dan Istiqomah (23), warga Dusun Keduwul Desa Menongo Kecamatan Sukodadi, pertumbuhannya sangat mengenaskan. Terbukti, dalam usia 7 bulan berat badan Kalista cuma 4 kg.

Gejala itu, mulai diketahui Istiqomah saat Kalista berusia dua bulan berat badannya sudah mulai menurun. Karena tergolong keluarga miskin, pasutri hanya membawa putrinya ke puskesmas. "Kalau makan seperti umumnya anak-anak, tapi katanya anak saya kurang gizi,” ungkap Istiqomah, Rabu (25/9/2013).

Vonis bahwa anaknya kurang gizi, ujar Istiqomah, didapatnya saat bidan desa memberi surat rujukan agar Kalista dibawa ke RSUD dr Soegiri Lamongan. Saat diperiksa di rumah sakit milik pemkab itu, Kalista tidak harus rawat inap tetapi cukup kontral setiap dua minggu sekali. "Asupan dan makanan tambahan petugas kesehatan sudah saya berikan, tapi berat badan anak saya sekarang tinggal 4 kg. Menurut dokter, anak saya kurang gizi,” ungkapnya.

Kasi Gizi Masyarakat Dinkes, Yudha Titi Listiyorini didampingi Kabid Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat dan Kemitraan Djuwari mengungkapkan, dari hasil pengecekan penderita belum masuk katagori gizi buruk hanya gizi kurang. "Anaknya hanya berat badan menurut umurnya (BBU) yang kurang. Tapi kalau terus dibiarkan tanpa penanganan serius, akan menjadi kasus gizi buruk. Jadi kalau menurut umurnya, masih sebatas gizi kurang,” terang Yudha.     

Meski begitu, ujar Yudha, pihaknya akan berusaha dengan pemberian makanan tambahan (PMT) termasuk susu dan roti.  Dari laporan yang diterimanya, diduga ada  kelainan penyakit. "Mungkin saat berumur di bawah satu bulan, orang tuanya kurang memperhatikan makanan. Tapi ini masih perlu pemeriksaan secara medis,” tambahnya.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Adi Agus Santoso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved