Piala Sudirman

Hadapi China, Indonesia Turunkan Tim Terbaik

Indonesia bertemu China di perempat final Piala Sudirman, Kamis (23/5/2013) mulai pukul 11.00 WIB di Putra Stadium Bukit Jalil, Kuala Lumpur

Hadapi China, Indonesia Turunkan Tim Terbaik
VINCENT THIAN/AP
Pebulutangkis Indonesia, Tommy Sugiarto, bertahan dari serangan tunggal terbaik China, Chen Long, pada partai ketiga babak penyisihan Grup A Piala Sudirman, Selasa (21/5/2013).
SURYA Online, KUALA LUMPUR — Indonesia bertemu China di perempat final Piala Sudirman, Kamis (23/5/2013) mulai pukul 11.00 WIB di Putra Stadium Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia. Dua hari lalu mereka sudah saling berhadapan di laga terakhir penyisihan Grup A, dengan hasil China menang telak 5-0.

Saat menghadapi China di penyisihan, Indonesia memang turun dengan pasukan pelapis. Ketika itu, kalah memang bukan masalah karena Indonesia sudah memastikan diri lolos ke perempat final.

Namun, pertandingan hari ini jelas berbeda. Indonesia harus menang kalau ingin bertahan di ajang beregu campuran ini. Artinya, Indonesia tidak boleh turun dengan pasukan pelapis, tetapi harus yang terbaik.

Indonesia sudah menyiapkan skuadnya. Ada sedikit perubahan dari susunan "normal" tim terbaik Merah Putih. Lilyana Natsir didaulat turun dua kali. Di ganda campuran dia masih akan berpasangan dengan Tontowi Ahmad dan akan turun pada partai pertama.

Ganda terbaik Indonesia ini berhasil mempertahankan gelar di All England, Maret lalu. Mereka akan menghadapi ganda nomor satu dunia, Xu Chen/Ma Jin. Dari delapan pertemuan sebelumnya, pasangan China unggul dengan 6-2.

Pebulu tangkis yang akrab disapa Butet ini juga disiapkan turun di nomor ganda putri, berpasangan dengan Nitya Krishinda Maheswari. Mereka akan turun pada partai kelima atau terakhir, menghadapi Yu Yang/Wang Xiaoli. Pada dua laga di penyisihan grup, Nitya berpasangan dengan Greysia Polii.

Pada partai kedua, Tommy Sugiarto akan kembali diturunkan untuk menghadapi Chen Long. Di babak penyisihan, Tommy kalah dua game langsung, 17-21, 11-21.

Rian Agung Saputra akan kembali bermain bersama Angga Pratama, untuk menghadapi Cai Yun/Fu Haifeng. Dua hari lalu, Angga dipasangkan dengan Hendra Setiawan untuk menghdapi ganda senior China tersebut.

"Hendra dan Angga adalah pemain dengan spesialisasi permainan di depan net, jadi tidak ada tukang gedor di garis belakang," kata pelatih Herry IP, seputar penampilan Hendra/Angga sebelumnya.

Rian/Angga baru sekali bertemu Cai Yun/Fu Haifeng, yaitu di Jepang Super Series 2010 yang dimenangi pasangan China dengan 21-14, 21-11.

Di tunggal putri, Lindawani Fanetri akan diturunkan untuk menghadapi Li Xuerui, juara Olimpiade London 2012 dan peringkat teratas dunia saat ini.

Semoga dengan pemetaan pemain yang tentu sudah dipikirkan masak-masak oleh manajer, pelatih, dan ofisial, Indonesia bisa membuat kejutan dengan mengalahkan China yang turun dengan pasukan terbaiknya.

Susunan pemain Indonesia vs China di perempat final:
1. Ganda campuran: Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir vs Xu Chen/Ma Jin
2. Tunggal putra: Tommy Sugiarto vs Chen Long
3. Ganda putra: Rian Agung Saputro/Angga Pratama vs Cai Yun/Fu Haifeng
4. Tunggal putri: Linda Wenifanetri vs Li Xuerui
5. Ganda putri: Liliyana Natsir/Nitya Krishinda Maheswari vs Yu Yang/Wang Xiaoli

Editor: Heru Pramono
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved