Mahasiswa Jepang Belajar di Malang Pamer Batik

Mahasiswa Jepang di Malang Pamer Batik

Mahasiswa Jepang Belajar di Malang Pamer Batik
surya/david yohanes
Sejumlah mahasiswa Jepang memamerkan batik karya mereka di STIE Malangkucecwara, Minggu (10/3/2013).
SURYA Online, MALANG - Lima orang mahasiswa Universitas Kanda Jepang memperagakan busana batik di Padepokan Seni Balekambang, STIE Malangkucecwara, Minggu (10/3/2013).

Tidak hanya menggunakan pakaian batik. Mereka masing-masing juga membawa dua lembar kain batik hasil karya mereka.

Kain berukuran satu meter kali satu meter tersebut mereka bentangkan di depan penonton. Ada yang berwarna merah, hijau, biru dan hitam.

Satu di antara lima mahasiswa tersebut adalah Hasegawa Nami (19) yang mendapat nama panggilan Juliani.

Menurut  Juliani, dirinya bangga bisa menghasilkan karya batik. Dua kain batik dengan motif bunga tersebut akan dibawa pulang ke Jepang sebagai kenang-kenangan.

“Ini bagus, akan saya bawa sebagai kenang-kenangan,” katanya.

Juliani mengaku kesulitan menentukan pola yang digambar di atas kain. Namun ketika karyanya sudah jadi, Juliani mengaku sangat senang. Juliani juga mengaku beruntung bisa belajar membatik langsung di Indonesia.

Juliani dan teman-temannya sesame mahasiswa Universitas Kanda akan meninggalkan Idnonesia pada Senin (11/3/2013).  Mereka telah menyelesaikan program pembelajaran bahasa dan budaya Indonesia.

Kawana Yuma adalah satu di antara 16 Mahasiswa asal Jepang yang belajar bahasa dan bidaya Indonesia di STIE Malangkucecwara.

Di Universitas Kanda, mereka mengambil jurusan Bahasa Indonesia. Selama di Malang mereka memperdalam kemampuan Bahasa Indonesia yang baru dipelajari selama dua semester di Jepang.

Mereka masing-masing tinggal di rumah penduduk dan mendapatkan nama lokal. Sebanyak sembilan orang mendapat pelajaran tambahan tari tradisional.

Sedangkan tujuh mahasiswa lainnya mendapatkan pelajaran tambahan membatik.

Penulis: David Yohanes
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved