Liputan Khusus

Pemain Asing, Ladang Bisnis Menjanjikan

Saat ini, ada sekitar 150 pemain asing yang bermain di empat kompetisi besar Indonesia.

SURYA Online, SURABAYA - Terlepas dari cerita soal banyaknya kasus gaji macet, pasar pemain asing sebenarnya masih menjadi ladang bisnis yang menjanjikan.  

Saat ini, ada sekitar 150 pemain asing yang bermain di empat kompetisi besar Indonesia. Itu belum termasuk yang ada di kompetisi dengan kasta yang lebih rendah.

Bayaran mereka pun beragam, mulai dari miliaran rupiah, sampai mereka yang dibayar Rp 10 juta setiap bulannya.

Bila seorang agen berhak mengantongi sekitar 10 persen dari nilai kontrak seorang pemain, maka tak terbantahkan, bisnis ini jadi sebuah lahan rejeki yang basah.

Gabriel Budi, yang berprofesi sebagai agen pemain asing, mengatakan, sepakbola Indonesia masih merupakan favorit buat para pemain impor yang ingin mengadu nasib di Asia Tenggara.

“Kompetisi sepakbola di Indonesia masih merupakan salah satu destinasi terbaik bagi para pemain asing. Thailand mungkin saat ini lebih baik di atas kita, tapi tidak terlalu jauh lebih baik. Atmosfer kompetisi di Indonesia masih cukup bagus,” ujar Budi.

Fakta bahwa sepakbola di Indonesia merupakan olahraga terpopuler di negara ini, menjadi salah satu penyebabnya. Minat penonton di Indonesia sangat bagus.

Di negara asalnya, para pemain asing ini belum tentu bermain di klub besar. Mereka juga belum tentu bermain di depan banyak suporter.

“Liga sepakbola di Indonesia kompetitif. Atmosfer dan gairah penonton di sini juga jadi salah satu daya tarik utama,” kata Gabriel Budi.

Penulis: Aji Bramastra
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved