Breaking News:

Komite Sekolah Usulkan Perda Komite

"Jadi bukan lembaga korporasi, karena saya khawatir akan jadi ajang korupsi,"

Penulis: Siti Yuliana | Editor: Adi Agus Santoso
Surya Online, MALANG - Rencana Dinas Pendidikan Kota Malang untuk menggembleng komite sekolah, agar tidak berpihak ke sekolah mendapat sambutan positif.

Bahkan komite sekolah meminta agar Dinas Pendidikan juga memberikan terobosan hukum terkait fungsi, wewenang, tugas dan kewajiban komite sekolah.

Menurut Andoko, Ketua Komite SMAN 4 pedoman komite sekolah tersebut sudah harus dicantumkan dalam Perda Pendidikan. Selama ini, kata Andoko, terkait tugas Komite Sekolah memang sudah diatur di beberapa peraturan seperti PP dan Permen. "Tetapi itu tidak terperinci, hanya secara umum saja," kata Andoko, Selasa (4/9/2012).

Apabila hak dan kewajiban Komite Sekolah tercantum dalam Perda Pendidikan, kata Andoko, para komite sekolah akan sangat berhati-hati bertindak. "Apalagi kalau sudah diperdakan, pasti ada sanksinya kalau berbuat di luar hukum," tekan dosen teknik mesin Universitas Negeri Malang (UM) itu.

Selain hak dan kewajiban Komite Sekolah di Perdakan, dia juga sarankan agar pemerintah membentuk pengawas independen untuk mengawasi keuangan sekolah. "Jadi bukan lembaga korporasi, karena saya khawatir akan jadi ajang korupsi," ungkapnya.

Dia tidak menampik, apabila banyak komite sekolah yang justru berpihak kepada sekolah. Seharusnya komite sekolah menjadi jembatan, antara orangtua siswa dan pihak sekolah.

Tri Bakti Santoso, Ketua Komite SMAN 9 juga menyarankan agar tugas dan wewenang Komite Sekolah diperjelas. Alasanya, tidak semua komite sekolah memahami tugasnya sebagai komite sekolah.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved