Breaking News:

PTN di Malang Ramai-Ramai Ajukan Prodi Baru

"Itu karena kebutuhan. Bukan karena adanya moratorium itu,"

Penulis: Siti Yuliana | Editor: Satwika Rumeksa
SURYA Online, MALANG-Tahun ini, sepertinya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kota Malang berlomba mengajukan program studi (prodi) baru. Selain Universitas Brawijaya (UB) yang telah mengajukan 15 prodi baru, Universitas Negeri Malang pun sedang gigih mengajukan 18 Prodi baru.

Pembantu Rektor 1 UM, Prof.Dr.H.Hendyat Soetopo, M.pd mengatakan, sebanyak 16 Prodi sudah diajukan ke Dirjen Dikti beberapa bulan lalu. Sedangkan dua prodi lain akan dikebut hingga Akhir September nanti.

18 Prodi baru yang diajukan itu dominan Strata 1 (S1) dan sebagian kecil strata 2 (S2). Salah satu Prodi yang diusulkan UM yakni S1 Ilmu Perpustakaan.

 "Karena September nanti pengajuan sudah ditutup, karena itu kami akan ngebut untuk pengajuan dua Prodi itu," kata Prof.Hendyat, Selasa (28/8/2012).

Pengajuan Prodi baru itu, beber Hendyat, bukan karena adanya moratorium itu. Prodi tersebut diajukan semata-mata tuntutan masyarakat. "Itu karena kebutuhan. Bukan karena adanya moratorium itu," dalihnya.

Latar belakang PTN di Kota Malang berlomba mengajukan prodi baru lantaran lahirnya kebijakan moratorium (penundaan semestara) izin pendirian perguruan tinggi, perubahan bentuk perguruan tinggi, dan pembukaan Prodi baru mulai September mendatang.

Moratorium tersebut sebagai tindak lanjut dari disahkannya Undang-undang nomor 12/2012 tentang Perguruan Tinggi.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved