Breaking News:

Teror Bom Ambon Terkait Bom Solo?

AMBON | SURYA Online - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Ansyaad Mbai menyatakan aksi teror bom di Ambon, akhir-akhir ini tidak terkait insiden serupa di Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) Kepunton Solo, Minggu (25/9/2011).

“Bom bunuh diri di GBIS Solo tidak ada kaitannya dengan aksi teror bom di Ambon. Yang terpenting adalah masyarakat perlu mewaspadai upaya pihak-pihak lain yang ingin mengacaukan situasi dan kondisi di Ambon yang semakin kondusif," kata Ansyaad di Ambon, Sabtu (1/10/2011).

Menurut dia, pelaku bom Solo merupakan jaringan Cirebon yang salah satu anggotanya yakni Achmad Yosepha Hayat .Pemuda tersebut adalah rekan Muhamad Syarif pelaku bom bunuh diri di Masjid Az Dzikra yang berada di Markas Polresta Cirebon, pada 16 April 2011.

"Sekali lagi tidak ada kaitan dengan bom Solo. Bom Solo dilakukan anggota jaringan Cirebon. Meski demikian masyarakat diimbau agar lebih meningkatkan ketahanan untuk mengantisipasi aksi-aksi teror oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab," ujarnya.

Ia menegaskan, untuk mencegah aksi dan teror bom, maka pemerintah dan tokoh agama harus bersinergi serta proaktif melakukan program deradikalisasi sehingga berdampak mengurangi ideologi radikalisme sebagian kelompok menyesatkan.

Penulis: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved