Kanal

Terdampak Pembangunan Tol Gempas, Santri Ponpes Wadul Dewan

- surabaya.tribunnews.com/galih lintartika

SURYA.co.id | PASURUAN - Perwakilan Pondok Pesantren (Ponpes) Ihyaus Sunnah, Dusun Ngemplak, Desa Toyaning, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan mendatangi Kantor DPRD Kabupaten Pasuruan, Rabu (12/9/2018).

Mereka mengadu atas kerugian dan dampak yang dialami warga Ponpes akibat pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Gempol - Pasuruan (Gempas) Seksi III B.

Didampingi belasan santri, para perwakilan pesantren ini menyampaikan uneg - uneg mereka di hadapan wakil rakyat. Kedatangan mereka mendapatkan sambutan hangat dari para pemangku suara rakyat tersebut.

Mereka menyampaikan keluh kesah yang dirasakan selama pembangunan proyek tol tersebut. Intinya, mereka meminta pertanggung jawaban PT PP, selaku pemegang proyek Tol Gempas Seksi III B ini.

Nawawi, Juru bicara ponpes menjelaskan, lalu lintas truk dan aktivitas pekerja proyek tol ini memberikan dampak negatif. Kata dia, ponpes menanggung akibatnya.

Ia menuding pengerjaan proyek ini merusak jalan dan bangunan pondok. Ia pun mencontohkan, tembok masjid pondok pun retak - retak akibat terkena getaran.

"Debunya sangat banyak. Banyak bangunan pondok yang juga retak, termasuk rumah habaib pengasuh pondok," tambah dia.

Dijelaskan dia, pihak pondok dan pihak pelaksana proyek Tol Gempas Seksi III B, PT. PP (Tbk) sudah memiliki sebuah kesepakatan dan perjanjian. Namun, seolaj perjanjiannya pun dilupakan.

"Kami sudah beberapa kali membuat perjanjian. Tapi, kami meminta agar dampaknya juga perlu diperhitungkan. Kami bukan tidak mendukung proyek nasional, kami justru mendukungnya. Tapi dampaknya juga harus dipertimbangkan," tambah dia.

Audensi ini dipimpin langsung oleh Mochammad Rusdi Sutejo, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan, bersama Anggota Komisi III dan Komisi IV. Selain itu, ada juga perwakilan dari Forpimka Kecamatan Rejoso dan perwakilan dari Dinas PU Kabupaten Pasuruan yang hadir dalam audensi tersebut.

Halaman
12
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Eben Haezer Panca

Gubernur Tampar Suporter PSMS Medan hingga Videonya Viral, Beri Penjelasan di Instagram

Berita Populer