Kanal

Ruwat Sengkolo Bumi Projo Manifestasi Pembersihan Diri Masyakat Umbul

Ritual Ruwat Sengkolo Bumi Projo di Taman Wisata Umbul, Madiun - surabaya.tribunnews.com/rahadian bagus

SURYA.co.id|MADIUN - Memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1440 H, masyarakat di Kecamatan Dolopo, mengadakan acara Ruwat Sengkolo Bumi Projo, di Taman Wisata Umbul, Rabu (12/9/2018) sore.

"Ini merupakan acara rutin yang diselenggarakan masyarakat Umbul dan sudah dilakukan puluhan tahun, dulu sempat vakum. Ini merupakan tahun kelima," kata Direktur Umbul Square Night Festival, Afri Handoko, saat ditemui di lokasi.

Dia menjelaskan, ada sejumlah rangkaian acara dalam Ruwat Sengkolo Bumi Projo. Di antaranya kirab tumpeng, kurasan sumber belerang umbul dan juga jamasan pusaka milik kasepuhan yang dahulu bertugas menjaga Umbul.

Acara dimulai dengan kirab yang melibatkan masyarakat setempat, di antaranya karangtaruna, sekolah, pedagang di Taman Wisata Umbul. Ada sembilan tumpeng berisi hasil bumi yang diperebutkan warga setelah diarak.

Setelah acara kirab, dilanjutkan dengan jamasan atau memandikan pusaka. Kemudian dilanjutkan dengan kolam atau umbul belerang.

"Jamasan dan kuras kolam ini merupakan manifestasi daripada upaya membersihkan diri, menyucikan diri yang setiap tahun baru Islam kami bersihkan," katanya.

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Eben Haezer Panca

Ditemukan Tewas di Sawah, Mahasiswi Aceh Ternyata Dibunuh Pacar karena Alasan Ini

Berita Populer