Kanal

Punya Masalah Tapi Malu untuk Curhat? Curhatin Saja di Aplikasi Ini. Rahasia Terjamin, Stres Hilang

Tangkap layar/screenshot aplikasi C-Online - surya/felicia sugianto

Setiap orang pasti memiliki masalah. Ada yang bisa menyelesaikan masalahnya, namun ada pula yang tak bisa menyelesaikannya.

Bagi yang tak bisa menyelesaikannya, masalah bisa mengakibatkan stres hingga depresi. Bahkan terkadang, seseorang memilih jalan pintas untuk mengakhiri hidupnya atau bunuh diri lantaran tak mampu menyelesaikan masalahnya tersebut.

Salah satu cara menyelesaikan masalah adalah membagi masalah tersebut ke orang lain atau curhat. Dengan berbagi, diharapkan bisa menemukan solusi atau setidaknya mengurangi sedikit beban dari dalam diri.

SURYA.co.id | SURABAYA - Sekitar 150 ratus orang berkumpul di Taman Apsari Surabaya dalam rangka peringatan Hari Pencegahan Bunuh Diri Internasional, Senin (11/9/2018). Di dalam sela-sela acara penyalaan lilin putih bersama, beberapa panitia berkalung kuning membagikan pamflet berisi keterangan lima cara mencegah aksi bunuh diri.

Satu di antara aksi pencegahan bunuh diri tersebut adalah dengan menggunakan bantuan media elektronik seperti website 'CurhatinOnline.com' dan aplikasi 'Curhatin Online' (C-Online).

Aplikasi yang dirilis di playstore pada 11 Agustus 2018 tersebut memiliki fitur chat online yang dimaksudkan untuk memudahkan dapat curhat kepada individu lain secara anonim.

Spesialis Kedokteran Jiwa, dr Damba Bestari, mengatakan bahwa aplikasi C-Online digunakan sebagai alternatif untuk pengguna dapat mencurahkan isi hati kepada orang lain secara anonim.

"Kami kebetulan sedang bekerja sama dengan C-Online yaitu CurhatanOnline.com, kunci utama kami untuk mencegah bunuh diri adalah stay connected (tetap terhubung)," Tuturnya di Taman Apsari, Senin (10/9/2018).

Cara penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Setelah mengunduh aplikasi C-online melalui playstore, pada homepage aplikasi terdapat dua ikon yaitu 'Kakak' dan 'Adik' beserta tiga aturan.

Adapun ketiga aturan tersebut seperti, tidak membicarakan hal-hal yang mengandung SARA. Kedua, setiap solusi yang diberikan atau disarankan diolah dengan akal sehat. Ketiga, menghubungi Admin bila merasa butuh percakapan lebih mendalam.

Halaman
12
Editor: irwan sy

8 Pengakuan Tersangka Pembunuhan di Bekasi: Sakit Hati Dibangunkan saat Tidur Pakai Kaki

Berita Populer