Kanal

Pemkab Gresik Gerojok Air Bersih Untuk 31 Dusun yang Terdampak Kekeringan

Waduk Bunder di Kecamatan Cerme, Gresik mulai mengering saat musim kemarau. Waduk tersebut selama ini digunakan untuk menyirami tanaman milik petani di sekitar waduk, Selasa (11/9/2018). - surabaya.tribunnews.com/sugiyono

SURYA.co.id | GRESIK - Pemkab Gresik mulai menggelontorkan air bersih untuk masyarakat di 31 dusun yang terdampak kekeringan. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik Tarso mengatakan bahwa sejak musim kemarau tahun ini, BPBD Kabupaten Gresik telah menetapkan 31 dusun di 26 Desa, terdampak kekeringan.

Puluhan desa tersebut tersebar di Kecamatan Benjeng, Cerme, Duduksampean, Kedamaian, Sidayu dan Bungah.

"Dari 26 Desa, hanya 31 Dusun yang paling kekeringan, sehingga kita mengirimkan air bersih untuk warga," kata Tarso, Selasa (11/9/2018).

Selama musim kemarau ini, menurut Tarso, pemerintah desa sudah banyak yang menyiapkan diri dengan meminta bantuan industri yang ada di wilayah Kecamatan maupun Desa masing-masing untuk membantu air bersih, sehingga BPBD tidak banyak mengirimkan air bersih ke masyarakat.

Baca: Main Malam ini, Berikut Susunan Pemain Persebaya Vs PS Tira

Selain itu, musim kemarau tahun ini cuaca panas tidak seperti tahun kemarin. Sebab, tahun ini masih ada hujan dan mendung saat pertengahan musim kemarau.

"Pertengahan September kemarin ada hujan. Saat ini terkadang juga cuaca mendung. Sehingga tidak banyak bantuan air bersih ke masyarakat," katanya.

Tarso mengatakan bahwa, masyarakat sudah siaga dengan bencana alam kekeringan dan banjir yang terjadi setiap tahun.

"BPBD selama ini sudah memberikan pencerahan kepada masyarakat yang terdampak kekeringan dan musibah banjir yang terjadi setiap tahun," imbuhnya.

Kekeringan itu terlihat di waduk Bunder Kecamatan Cerme, yang sudah memulai kering akibat musim kemarau.

"Sudah beberapa bulan ini air waduk Bunder sudah kering. Sebab, airnya digunakan untuk menyiram sawah dan menyusut," kata Abdul Ghofar. 

Penulis: Sugiyono
Editor: Eben Haezer Panca

Viral Rumah Bohemian Rapsody di Blitar, Gaya Eropa dan Dianggap Mistis, Lihat Video Penampakannya

Berita Populer