Kanal

Kegiatan Ini Bagus untuk Masa Emas Anak

- ist

Saat Dzulhijah banyak sekolah mengadakan simulasi manasik haji. Ada yang melakukan bersama-sama di lapangan, ada juga yang melakukannya secara mandiri. Tentu setiap sekolah telah memiliki beberapa pertimbangan yang ada dari pihak sekolah.

Anak-anak TKIT/KBIT ACI Tembok, Pasuruan melakukan simulasi manasik haji di halaman sekolahnya, Sabtu (1/9/2018). Semua terlibat dalam penyiapan properti seperti membuat miniatur Kabah, tempat untuk berlari-lari kecil (sa'i), melempar jumroh (ula, wustho, aqobah), menyiapkan air (diibaratkan minum zam-zam), tempat untuk berwukuf, juga tempat thahalul yang dipisah.

Satu per satu anak-anak berdatangan dengan wajah berseri dan pakaian putih-putih layaknya jemaah haji yang akan melakukan ritual hajinya. Beberapa wali murid yang ditunjuk sebagai panitia pun sudah siap berada di posisi yang sudah disepakati.

Sebelum memulai acara manasik haji, anak-anak beserta wali murid masuk ke kelas mendengarkan pengarahan Kepala TKIT/KBIT ACI. Ia menyampaikan tahapan demi tahapan yang akan dilakukan saat manasik haji. Mereka pun mendengarkan dengan tekun.

Manasik haji sebagai salah satu cara mengedukasi anak-anak usia dini. Itu merupakan usia emas yang bagus dan penting untuk menstimulasi kognitif, emosi, dan spiritual anak.

Dengan mengenalkan manasik haji yang akan tercipta pembelajaran pada anak usia dini sebagai pembentukan aqidah anak pada masa tumbuh kembangnya. Itu untuk membentuk anak didik yang berkepribadian islami dan cerdas dalam akademik.

Setelah melakukan kegiatan, wali murid diharapkan dapat mengeksplorasi kegiatan yang telah dilakukan anak-anak. Itu sebagai bentuk perhatian orang tua terhadap kegiatan anak-anak serta untuk menggali cerita dari mereka di acara manasik haji.

Ada hadiah bagi anak-anak yang dapat menceritakan kegiatan pagi itu secara runtut sebagai support agar anak-anak lebih bersemangat lagi dalam agenda-agenda selanjutnya.

Nuning Maria
Ibu rumah tangga di Pasuruan
nuningmariach@gmail.com

Editor: Endah Imawati

Video Viral Karyawan Rumah Makan Dilempar Mangkuk di Bagian Kepala oleh Tamu karena Pesanannya Salah

Berita Populer