Kanal

Mahasiswa Siap Kerja, Ini Caranya

- ist

Benarkah IPK tinggi sangat menentukan keberhasilan? Atau memudahkan dalam memperoleh lapangan pekerjaan? Ternyata tidak.

Dunia kerja merupakan fase yang akan dilalui mahasiswa setelah ia dinyatakan lulus menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Banyak kemampuan dan ketrampilan yang harus dimiliki calon pekerja. Dengan demikian, mahasiswa harus memiliki kesiapan yang matang untuk memenuhi tuntutan dunia kerja.

Universitas Negeri Malang (UM), Kamis (30/8/2018) menggelar pelatihan gratis bagi mahasiswa di aula Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) gedung H8 lantai 2. Acara itu didanai LP3 yang bekerja sama dengan P2BKM.

Kegiatan itu mengambil tema Persiapan Memasuki Dunia Kerja bagi Mahasiswa dengan dua sesi acara yaitu psikotes dan seminar.

Diniy Hidayatur Rahman, Wakil Ketua LP3 mengungkapkan, pelatihan itu telah menjadi agenda tahunan.

“Kami ingin mahasiswa-mahasiswi UM mengenal lebih jauh mengenai diri sendiri, mengenal pentingnya passion dan personal branding dalam upaya meningkatkan performance mereka di dunia kerja,” katanya.

Total peserta 180 mahasiswa dari berbagai program studi di UM. Untuk kegiatan seminar dihadirkan pemateri dari Fakultas Psikologi, yaitu M Ramli dan Irene Maya Simon.

Pada sesi itu peserta diberi pengarahan terkait dunia kerja, kesempatan kerja, serta penulisan aplikasi kerja dan curriculum vitae. Pada sesi selanjutnya, peserta mendapat materi mengenai strategi menghadapi seleksi tulis psikotes dan wawancara. Di akhir setiap materi ada praktik tentang materi yang telah dipelajari.

Nurul, salah seorang peserta dari Fakultas Sastra menuturkan, kegiatan ini sangat bermanfaat terutama bagi mahasiswa semester akhir.

“Dalam kegiatan ini, kami tidak hanya belajar tentang persiapan memasuki dunia kerja, namun juga belajar menggali dan mengenali kemampuan diri. Semoga untuk tahun selanjutnya lebih banyak mahasiswa UM yang bisa ikut,” ungkapnya.

Afkhoriyatul Hilmi
Mahasiswa Sastra Arab Universitas Negeri Malang
Santri Ponpes An-nuriyah Malang
IG: Afkhoriyatul Hilmi

Editor: Endah Imawati

Viral Rumah Bohemian Rapsody di Blitar, Gaya Eropa dan Dianggap Mistis, Lihat Video Penampakannya

Berita Populer