Kanal

Cara TBM Hutan Bondas Kota Batu Membantu Lansia agar Tak Lupa Ingatan

Salah satu pustakawan yang membaca buku di Pojok Lansia di Taman Baca Masyarakat Hutan (TBM) Bondas, Senin (10/9/2018).  - surya/sany eka putri

SURYA.co.id | KOTA BATU - Tiga sampai lima orang sedang asik membaca buku di Taman Baca Masyarakat Hutan (TBM) Bondas, Senin (10/9/2018).

Mereka membaca buku disudut pojok bernamakan Pojok Jelang Lima Puluh Tahun (Lansia Jelita) dan Cerita dan dongeng (Pojok Cengeng). Kedua tempat itu khusus dibuat untuk para lansia. Di pojok itu terdapat berbagai jenis buku. Terutama buku yang berkaitan dengan lansia.

Seperti buku tentang kesehatan, buku ketrampilan, buku panduan berbisnis, dan lainnya. Pojok itu dibuat untuk lansia, karena di hutan bondas sering dijadikan lokasi untuk senam para lansia.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu, Eko Suhartono mengatakan adanya pojok ini untuk membantu para lansia agar tidak lupa bagaimana membaca.

"Setelah mereka beraktivitas sembari mereka melepas lelah, mereka bisa sambil membaca. Kami sediakan khusus tempat untuk mereka dengan suguhan buku," kata Eko, Senin (10/9/2018).

Tetapi bukan berarti buku yang disana khusus lansia, siapa saja boleh membaca. Hanya tempatnya yang khusus untuk lansia. Ia menambahkan Pojok Lansia ini baru ada di TBM saja. Kedepan akan ditambahkan di setiap desa yang memiliki Taman baca.

"Seperti di Sidomulyo, di Kelurahan Temas. Sementara di sana karena banyak aktivitas di Hutan Bondas. Kami menggiring nereka agar mau baca," imbuhnya.

Karena ada kedua tempat itu, maka setiap hari buka sampai jam 8 malam. Karena biasanya TBM hanya buka hari Senin sampai Jumat.

Saat ini di TBM sudah memiliki 3000 koleksi buku dengan berbagai macam jenis. Dengan jumlah pengunjung dalam satu bulan bertambah.

Biasanya hanya 300 pengunjung saja dalam satu bulan, tetapi ini sudah bertambah, sekitar 1200 sampai 1500 pengunjung.

"Kami lengkapi dengan free akses internet di sini, selain ruangan ber AC dan lengkap dengan kursi dan meja, kami juga perbolehkan membaca di Hutan Bondas, asal bukunya dikembalikan," pungkas Eko mantan Kepala Dinas Sosial ini.

Hanifa Kartika Dewi, Pustakawan TBM Hutan Bondas mengatakan rata-rata pengunjung yang datang itu dari usia 7 tahun sampai 50 tahun. Tapi rata-rata memang remaja yang datang ke sana.

"Kebanyakan memang remaja, kadang anak sekolah yang habis pulang sekolah mampir ke sini. Kalau lansia kadang ada juga yang mampir. Kebanyakan mereka terbantu dan senang dengan adanya pojok lansia ini," kata dia.

Apalagi, lanjutnya buku yang disuguhkan kebanyakan tentang kesehatan. Karena mereka para lansia sering bermasalah dengan kesehatan. 

 

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Parmin

Ditemukan Tewas di Sawah, Mahasiswi Aceh Ternyata Dibunuh Pacar karena Alasan Ini

Berita Populer