Kanal

Berumur Setahun, Seperti Ini SMK Negeri di Trenggalek

- pixabay.com

Menjadi bagian dari sekolah yang baru setahun lalu berdiri, tentu saja istimewa. SMKN 1 Panggul di Desa Nglebeng, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek menjadi sekolah muda yang menjawab kebutuhan warga.

Ditandai dengan turunnya SK Gubernur Jawa Timur tentang pendirian sekolah baru di Kecamatan Panggul, 5 September 2017, di kecamatan itu berdiri SMK negeri. Umur setahun tentu masih terlalu pelik jika berbicara tentang prestasi. Meski demikian, SMKN 1 Panggul sudah merintis prestasi di tingkat kecamatan.

Ibnu Subroto, Kepala SMKN 1 Panggul, dengan bersemangat memberikan dorongan kepada seluruh warga sekolah agar berpartisipasi mendulang prestasi. Sekolah menjadi bagian dari masyarakat.

"Sangat penting untuk menandai hari bersejarah sekolah kita ini. Meskipun dengan acara yang sederhana, hari itu perlu diperingati," tutur Ibnu, Rabu (5/9/2018).

Untuk merayakan hari jadi ke-1, semua warga sekolah turut berpartisipasi. Hadir juga Ketua Komite Sekolah. Selain itu, ada Kepala Desa Nglebeng beserta sekretaris desa dan ketua akrang taruna.

Ibnu menegaskan, sekolah kemaritiman dan pariwisata sebagai jurusan yang ada di SMKN 1 Panggul memiliki peluang besar untuk menjadi sekolah yang lebih hebat dari jurusan-jurusan lain yang sudah ada. Peluang itu yang akan dikembangkan.

Ia juga menyampaikan selamat atas beberapa prestasi yang telah diraih para siswa yang menjuarai berbagai bidang perlombaan tingkat kecamatan dan kabupaten dalam rangka HUT ke-73 Republik Indonesia.

Minimnya fasilitas dan persiapan ternyata tidak mengurangi semangat dan daya juang warga SMKN 1 Panggul dalam mengikuti serangkaian kegiatan itu.

Hal itu menjadi salah satu modal awal untuk menunjukkan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Panggul bahwa SMKN 1 Panggul bisa.

Beberapa kegiatan dihelat untuk menyambut hari jadi ke-1 SMKN 1 Panggul. Kegiatan dimulai dengan membaca yasin, tahlil, dan doa bersama, lalu dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng. Perlombaan antarkelas dan guru juga digelar untuk menyemarakkan acara, di antaranya balap karung, senam kreasi, estafet sarung, joget balon, makan kerupuk, dan estafet bola pingpong.

Satu tahun menjadi angka yang punya sejarah tersendiri bagi SMKN 1 Panggul. Dibutuhkan waktu untuk menunjukkan prestasi. Satu tahun yang lalu akan menjadi langkah awal menuju harapan baru yang lebih baik untuk tahun-tahun berikutnya.

Eka Sutarmi
Guru SMKN 1 Panggul
Facebook Eka Sutarmi

Editor: Endah Imawati

Sebelum Tewas, Anak Korban Pembunuhan di Bekasi Tulis Surat: Mama Papa Maafin Kakak Sudah Buat Marah

Berita Populer