Kanal

Bara Baja Magetan Dideklarasikan tanpa Hingar Bingar, Wujudkan Bhinneka Cinta Pancasila dan NKRI

Sebanyak 15 aktivis Barisan Relawan Bhinneka Jaya (Bara Baja) Kabupaten Magetan dideklarasikan pada Minggu (9/8/2018). - surya.co.id/doni prasetyo

SURYA.co.id |  MAGETAN - Belasan aktivis pendukung Jokowi deklarasikan Barisan Relawan Bhinneka Jaya (Bara Baja) Kabupaten Magetan di Taman Stadion Yoso Negoro, setempat, Minggu (9/9/2018).

Jangankan pendukung tandingan, aparat keamanan berseragam juga tidak terlihat saat deklarasi Bara Baja itu. Apalagi aparat tertutup, sehingga acara yang mayoritas dihadiri anak dan ibu-ibu jauh dari hingar bingar dan teriakan yel yel perjuangan.

Menurut Humas Bara Baja Kabupaten Madiun Lucky, Bara Baja ini sekumpulan individu yang memiliki kesamaan kesadaran tentang pentingnya menjaga, menghormati dan menjunjung tinggi kebhinnekaan dalam bernegara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kami, Barisan Relawan Bhinneka Jaya atau BARA BAJA, merupakan organisasi masyarakat yang tidak berafiliasi dengan partai politik manapun di Indonesia. Kami Independen dan terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia tanpa mempermasalahkan perbedaan agama, suku, ras, golongan, profesi dan status sosial,"kata Lucky kepada Surya.co.id, Minggu (9/9/2018).

Bara Baja, lanjut Lucky, memiliki Visi mewujudkan Organisasi Relawan yang mandiri dan berintegritas, demi terciptanya tatanan masyarakat Indonesia yang berkeadilan sosial, demokratis, sejahtera dan berbudaya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sedang kata Bhinneka digunakan sebagai wujud cinta kami kepada Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika yang memiliki arti beraneka ragam suku, budaya dan bahasa tetapi tetap satu juga.

"Selain berjuang melawan deradikalisme dan Intoleransi, BARA BAJA juga fokus pada isu-isu sosial, budaya, pendidikan, kesehatan, perempuan, anak, dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan,"ujarnya.

Karena itu, kata Lucky, Bara Baja berkomitmen mendukung pemimpin yang pro kebhinnekaan, tidak rasis, dan tidak intoleran.

"Komitmen ini demi untuk menjaga keutuhan NKRI dari pihak pihak yang dengan sengaja ingin memecah belah dengan memanfaatkan momen politik terutama pada pemilu 2019,"ujar Lucky.

Lebihlanjut diiangkapkan Lucky, secara resmi Bara Baja terdaftar di dalam direktorat relawan tim kampanye nasional Ir H Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin calon Presiden dan Wakil Presiden di Pemilu 2019.

"Dengan mengucap Basmallah, Bara Baja Magetan, kami nyatakan berdiri dan siap memenangkan Ir H Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin di Pemilu Presiden 2019 mendatang,"tandas Lucky.

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Parmin

KKB Papua Berlagak Jadi Korban, TNI: Pengecut! Ditindak Malah Melolong seperti Anjing Kejepit

Berita Populer