Kanal

Kades dan Suami di Tuban Ditangkap Jaksa terkait Kasus Korupsi, Ngatina Diduga Selewengkan Dana Desa

Kades Siti Ngatina dan suami menunggu pemeriksaan penyidik kejaksaan. Ngatina diduga selewengkan dana alokasi desa (ADD). - foto: istimewa

SURYA.co.id | TUBAN - Kejaksaan Negeri Tuban telah menangkap seorang Kades Mojoagung, Kecamatan Soko, Siti Ngatina (40), Selasa (4/9/2018).

Kades ditetapkan menjadi tersangka atas dugaan penyelewengan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran (TA) 2017 silam.

Bahkan, suami dari Kades tersebut yaitu Makmur (46) ikut diamankan pihak kejaksaan.

Kasi Intel Kejari Tuban, Jaksa Muda Nurhadi mengatakan, kades dan suaminya ditetapkan sebagai tersangka, karena dari hasil penyelidikan Tim Ahli Inspektorat mereka melakukan penyelewengan DD dan ADD Tahun Anggaran 2017.

"Hasil penyelidikan, negara mengalami kerugian sebesar Rp 152.860.773 atas kasus korupsi ini," ujar Nurhadi, Kamis (6/9/2018).

Jaksa menambahkan, dalam perkara ini, keduanya telah mengerjakan kegiatan proyek yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Seperti, kegiatan pembangunan jalan desa yang tidak sesuai spesifikasi proyek atau Rencana Anggaran Biaya (RAB). Selain itu, pengerjaan juga tidak dilakukan pada tahun yang ditetapkan.

"Misal DD dan ADD Anggaran Tahun 2017 untuk pembangunan. Namun dikerjakan di 2016, padahal anggaran belum ada. Kemudian setelah pemeriksaan ahli juga tidak sesuai RAB," pungkasnya.


 

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Parmin

Terekam Kamera Sosok Pria yang Diduga Selingkuhan Angel Lelga, Digerebek Vicky Berduaan di Kamar

Berita Populer