Kanal

Jokowi-Prabowo 'Barengan' ke Jatim, Pakar Politik Nilai Suara Jatim Jadi Penentu di Pilpres

Pakar komunikasi politik Universitas Airlangga, Suko Widodo - istimewa

SURYA.co.id | SURABAYA - Dua tokoh bakal calon Presiden Republik Indonesia yang akan berlaga di Pilpres 2019 berkunjung ke Jawa Timur di waktu yang sama, Kamis (6/9/2019). Joko Widodo (Jokowi) yang tak lain adalah bakal calon presiden petahana dijadwalkan berkunjung ke sejumlah titik di Surabaya dan Mojokerto.

Jokowi hadir di Universitas PGRI Adi Buana di Surabaya, dan juga berkunjung ke pesantren Ammanatul Ummah yang digawangi oleh Kyai Asep Syaifuddin Chalim di Pacet, Mojokerto. Sedangkan bakal calon presiden Prabowo Subianto dijadwalkan akan berkunjung ke sejumlah tokoh kiai dan juga pendiri NU di Kabupaten Jombang.

Melihat fenomena ini pakar komunikasi politik Universitas Airlangga, Suko Widodo, mengatakan Jawa Timur memang sangat potensial dan menjadi penentu dalam Pilpres 2019.

"Taruhlah Jawa Barat dan Banten sudah kena oleh Pak Prabowo. Lalu Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta kena Pak Jokowi, maka Jatim menjadi kunci penentunya," kata Suko Widodo yang dihubungi Surya Kamis (6/9/2019).

Sebab jumlah pemilih di Jawa Timur sangat besar bahkan lebih dari 50 persen suara yang ada di pulau Jawa ada di Jawa Timur.

Terkait elektabilitas, dikatakan Suko memang butuh survei untuk keduanya.  Tapi dalam situasi fluktuatif seperti ini menurut Suko agak sulit diukur.

"Tampaknya baik Jokowi maupun Prabowo Subianto ingin menggunakan strategi jaringan sebagai komunikasi politik awal. Bukan lewat media karena ini memang saat ini kampanye belum dimulai," paparnya.

Tidak hanya itu, Jatim menurut Suko Widodo menjadi wilayah perebutan yang sangat ketat.

"Apalagi Gerindra dan Demokrat punya suara yang cukup signifikan di Jawa Timur," tambahnya.

Kunjungan keduanya saat ini menarik jika dilihat kondisi Indonesia khususnya dari sisi ekonomi yang sedang bermasalah. Terutama melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang sampai menembus angka Rp15.000.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy

Video Viral Polisi Sempatkan Diri Beribadah ketika Bertugas di Belakang Suporter Bola

Berita Populer