Kanal

Kalau 470 Fotografer Berkumpul di Jember, Seperti Ini Jadinya

- ist

Di era milenial, fotografi banyak diminati kalangan muda khususnya para mahasiswa. Sehubungan dengan itu, mahasiswa UKM Jhepret Club Fotografi mendelegasikan lima anggotanya untuk menghadiri acara Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia (JFMI). Mereka adalah Amin Musfi, Teguh Wildan, A Fajri Fadhili, Noverta Yoga, serta Siti Hartina.

Universitas Jember (Unej) menjadi tuan rumah pada JFMI XI kali ini. Kepanitian penyelenggara tergabung dari tiga perguruan tinggi, yaitu Unej, Universitas Islam Jember, dan Institut Agama Islam Negeri Jember.
JFMI XI dilaksanakan pada 1-3 September 2018.

Kegiatan selama tiga hari diisi dengan hunting bersama di tempat yang disediakan panitia. Tentu saja itu sepaket dengan bertukar ilmu fotografi antarsesama pecinta fotografi.

Tak lupa juga ada seminar fotografi yang diisi Zet Zaini Traveling Photography. Selain itu, sebagai tuan rumah, Jember juga dapat memperkenalkan kearifan lokal masyarakat serta potensi alam yang bernilai jual untuk wisatawan.

Pembukaan JFMI XI bertempat di Gedung Soetardjo Unej. Acara dimulai pada pukul 09.00. Muhammad Hasan, Rektor Unej membuka dengan resmi satu jam kemudian. Ia bangga karena Jember berkesempatan menjadi tuan rumah JFMI XI kali ini.

“Sekarang adalah JFMI XI, berarti ada JFMI I, II, III, hingga XI. Semoga ke depan masih ada JFMI XII dan seterusnya,” sambutnya.

Peserta yang datang dari berbagai daerah, seperti Makasar, Lampung, Lombok, Malang, dan Jakarta, dan sebagainya. Jumlah yang terdaftar mencapai 470 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Farhan Hakiki, Ketua panitia JFMI XI mengungkapkan rasa senangnya. Ia bangga karena Jember dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara JFMI XI

“Kami tidak menyangka kalau jumlah peserta akan sebanyak dari yang ditargetkan, yaitu 350. Tentu saja ini menjadi penyemangat untuk berkarya,” katanya.

JFMI XI Jember mengusung tema Hai Jember, Yok Opo Kabare, Mat. Tema itu menunjukkan adanya komunikasi antara dua pihak tuan rumah dan peserta.

Semoga terselenggaranya JFMI XI Jember lebih mempererat kekerabatan para mahasisawa pecinta fotografi di Indonesia. Selain itu, mereka diharapkan mampu mengembangkan ilmu-ilmu yang dimilikinya untuk selalu berkarya.

Ahmad Fajri Fadhili
Mahasiswa UKM Jhepret Club Fotografi
syarifahfadhili@gmail.com

Editor: Endah Imawati

Benarkah Mie Ayam Tugu Lilin Pajang Solo Pakai Pesugihan Pocong? Yuk Mampir ke Warungnya

Berita Populer