Kanal

Pesta 4 Hari untuk Jambore Sastra 2018

- ist

Balai Bahasa Jawa Timur menjadi tuan rumah dalam Jambore Sastra 2018. Kegiatan tahunan itu untuk meningkatkan kualitas pembinaan SDM di bidang bahasa dan sastra. Jamboree diadakan Selasa-Jumat (28-31/8/ 2018) di Sekolah Tinggi Agama Budha Kertarajasa, Kota Batu.

Delegasi dari delapan provinsi di Indonesia ikut memeriahkan even itu. Perwakilan dari Nusa Tenggara Barat, Bali, Jawa Timur, Yogyakarta, Banten, Nusa Tenggara Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Dadang Sunendar selaku Kepala Badan Bahasa RI turut hadir dalam pesta sastra ini. Ia mengapresiasi upaya pelestarian bahasa dan sastra itu.

Dari serangkaian acara Jambore Sastra, ada acara yang menarik, yaitu pementasan teater, monolog, musikalisasi puisi, dan drama musikal. Pementasan diadakan Rabu (29/8/2018) mulai pukul 08.00–16.30.

Pementasan itu dihadiri tiga komentator, yaitu Tengsoe Tjahjono (dosen Universitas Negeri Surabaya), R Djoko Prakosa (dosen Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya), dan Agus R Subagyo (pembina ekstrakurikuler teater).

Terdapat ragam penampilan dalam pementasan itu, antara lain monolog yang ditampilkan Balai Bahasa Nusa Tenggara Barat dengan judul “Lombok Bangkit”, drama modern yang ditampilkan Balai Bahasa Bali dengan judul “Maya Pada”, Balai Bahasa Jawa Barat tampil dengan judul “Cinta”, dan dari Banten dengan judul “Suku Basui”.

Penampilan teater dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta menarik ditonton. Demikian juga dengan musikalisasi puisi dari Nusa Tenggara Timur.

Dari delapan penampilan itu diambil kategori terbaik dan diberi penghargaan. Pemeran utama putra terbaik (Jawa Barat), pemeran utama putri terbaik (Jawa Timur), sutradara terbaik (Bali), musik atau ilustrasi terbaik (Jawa Timur), penata panggung terbaik dan pemeran pendukung putra terbaik (Bali), pemeran pendukung putri terbaik (Banten), serta penampil tim terbaik (Banten).

Imroatul Ngarifah
Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
arifah.tugas@gmail.com

Editor: Endah Imawati

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer