Kanal

Anak-anak Bangkalan Ini Menangis di Excellent Movement 2.0

- ist

Ratusan siswa SDN Keleyan 2, Socah, Bangkalan mengikuti Excellent Movement 2.0 yang diselenggarakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura (FIP UTM). Kegiatan itu dilaksanakan dua hari, Jumat (31/8/2018) di dalam kelas dan Sabtu (1/9/2018) di lapangan sekolah.

Pesertanya 235 siswa kelas 1-6. Excellent Movement 2.0 yang dibuka Kepala SDN Keleyan 2 itu bertema have fun to be smart and creative. Itu untuk menonjolkan kemampuan bahasa Inggris para siswa.

Itu berarti para tutor harus pintar memilah metode pembelajaran bahasa Inggris yang tepat. Ahmad Mujib, Kepala SDN Keleyan 2 mengatakan, di sekolah itu Bahasa Inggris diajarkan hanya pada siswa kelas 4–6. Akan tetapi, semangat belajar bahasa Inggris pada siswa kelas 1–3 juga tidak tertandingi.

Adanya UKM FIP Excellent ke SDN Keleyan 2 diharapkan mampu membawa perubahan bagi peserta didik.

“Melihat anak-anak bersemangat belajar bahasa Inggris membuat saya bangga. Semangat belajar siswa kelas 1–3 juga harus diperhatikan,” ujarnya.

Melalui aktivitas itu, siswa dapat meningkatkan keberanian, kreativitas, dan kosakata bahasa Inggris. Itu sebabnya, pembelajaran yang diterapkan para tutor menyenangkan, seperti menyanyi sambil menambah kosakata bahasa Inggris.

Moh Syaifuddin, Ketua umum UKM FIP Excellent mengatakan, pembelajaran dengan bermain memang harus diterapkan pada siswa SDN Keleyan 2. Itu agar mereka bersemangat belajar. Belajar sambil bermain akan membuat siswa tidak cepat bosan.

Setelah sehari belajar di kelas, pada hari kedua para siswa belajar bahasa Inggris dalam permainan. Pada sesi game itu dibutuhkan kekompakan setiap kelas. Yang membuat para tutor kaget, di akhir sesi, para siswa menangis tersedu-sedu dan ingin pembelajarannya diperpanjang.

Binti, tutor kelas 2 mengungkapkan, pada hari kedua itu para siswa sangat bersemangat mengikuti berbagai game untuk belajar bahasa Inggris.

“Senang jika para siswa menyayangi tutor dan ingin selalu belajar bahasa Inggris,” ungkap Binti.

Melihat semangat anak-anak SD itu, Rozi, Pembina UKM FIP Excellent mengapresiasi. Menurutnya, tahun depan pengabdian seperti itu harus kembali diadakan. Jika semakin banyak UKM yang melakukan pengabdian, tentu manfaatnya dapat dirasakan masyarakat.

Feby Permata Sari
Mahasiswa Pendidikan IPA
Universitas Trunojoyo Madura
Febypermatasari3@gmail.com
FB: Feby Permata Sari

Editor: Endah Imawati

Kronologi Lengkap Mahasiswi Dibunuh Pacar di Aceh, Diajak Jalan hingga Pelaku Kabur ke Rumah Ipar

Berita Populer