Kanal

Mengambil Masa Cuti Lebih Lama Bisa Memperpanjang Hidup, Benarkah?

Ilustrasi - Youthmanual

SURYA.co.id - Rutinitas kerja tiap hari memang kerap kali jadi alasan seseorang merasa capek dan jenuh.

Sehingga tak heran kalau karyawan sering mengambil cuti untuk melepas kejenuhan.

Melansir dari Kompas.com, artikel 'Ambillah Cuti Lebih Sering, Supaya Panjang Umur' pada Sabtu 1 September 2018, sebuah penelitian mengungkapkan cuti mungkin bisa membuat hidup seseorang hidup lebih lama.

Riset yang dilakukan hampir 40 tahun itu menemukan bahwa pekerja yang mengambil cuti kurang dari 3 minggu di setiap tahunnya memiliki risiko kematian dini sepertiga lebih tinggi.

Hal itu berbanding terbalik dengan pekerja yang mengambil cuti lebih lama.

Menurut periset, hidup sehat dan olahraga tidak akan mampu menggantikan manfaat istirahat yang dapat menghilangkan rasa jenuh dan memperpanjang harapan hidup.

"Gaya hidup sehat tak bisa mengatasi efek kerja terlalu keras, dan tak dapat menggantikan manfaat liburan," kata Profesor Timo Strandberg, dari University of Helsinki di Finlandia

Dan liburan adalah cara terbaik untuk menghilangkan kejenuhan selama bekerja.

Menurut laman Independent.co.uk, riset dimulai tahun 1970-an itu melibatkan 1.222 pria yang berusia paruh baya yaitu yang lahir antara tahun 1919-1934.

Semua partisipan memiliki risiko yang sama yaitu penyakit jantung yang dipengaruhi oleh tekanan darah tinggi, merokok, atau obesitas.

Halaman
12
Penulis: Arum Puspita
Editor: Adrianus Adhi

Kronologi Anggota The Jak Mania Tewas Dikeroyok Oknum Suporter Persib, sempat Minta Tolong

Berita Populer