Kanal

Senang-senang Bareng Para YouTuber di YouTube FanFest Surabaya, di Sini Tempatnya

TEMU KREATOR - Yudist Ardhana (kiri), Chandra Putra Negara, pria dibalik chanel youtube SuccessBefore30 (kanan) dan Fibriyani Elastria, Head of Consumer Marketing Google Indonesia dalam jumpa pers jelang YouTube FanFest yang akan di gelar di atrium Tunjungan Plaza 3, Surabaya pada 1-2 September 2018. - surya/ahmad zaimul haq

SURYA.co.id | SURABAYA – Menyaksikan YouTube konten kreator di layar gawai? Sudah biasa. Menyaksikan para kreator lokal maupun luar kota bersenang-senang bareng penggemar? Tentu hanya ada di YouTube FanFest.

YouTube FanFest memungkinkan penggemar bertemu langsung dengan kreator-kreator idola mereka secara gratis.

Setelah memulai tur showcase di Bandung pada 10-12 Agustus 2018, YouTube FanFest melanjutkan perjalanannya ke Surabaya pada 1-2 September 2018 di Atrium Tunjungan Plaza 3, Surabaya.

“YouTube FanFest 2017 di Indonesia adalah FanFest terbesar secara global dengan total 58.000 penggemar dan 122 YouTube Creator terlibat di empat kota. Kami berniat memecahkan rekor itu lagi di YouTube FanFest tahun ini,” ujar Fibriyani Elastria, Head of Consumer Marketing Google Indonesia, Jumat (31/8/2018).

Beberapa kreator kesayangan masyarakat akan unjuk kebolehan di acara ini, mulai Misellia Ikwan, Yudist Ardhana, Atta Halilintar, Yowis Ben, Hanggini, SuccessBefore30, dan masih banyak lagi.

Yudist menyebut tantangan sebagai kreator semakin sulit akhir-akhir ini, selaras dengan banyaknya kreator baru.

Perkembangan kreator YouTube di Indonesia diakui sangat pesat dibanding awal Yudist memulai channel-nya.

Jika dulu tak sampai 10 kreator dengan jumlah subscriber 1 juta, kini terdapat 62 kreator dengan subscriber 1 juta.

“Dulu saya memulai channel, saya mengunggah dua video dalam seminggu. Sekarang saya tingkatkan, menjadi tiga sampai empat video, karena pesaing semakin banyak. Penonton juga minta terus. Kalau saya tidak mengunggah, nanti mereka menonton channel sebelah dong,” kelakarnya.

Kepopuleran kreator YouTube tak hanya memberi efek pada banyaknya orang yang tertarik menjadi kreator, tetapi juga masyarakat yang menonton dan mencontoh mereka.

Chandra Putra Negara, pria dibalik SuccessBefore30 memahami hal ini. Ia kini berusaha lebih berhati-hati dan  bertanggung jawab pada konten-kontennya, seiring bertambahnya subscriber yang hampir mencapai 800.000.

“Semakin besar subscriber, semakin besar tantangan dan tanggung jawab moralnya. Apa yang kami bicarakan, ternyata para penonton sangat terpengaruh. Bisa dilihat dari komentar-komentar mereka,” katanya.

YouTube FanFest Showcase Surabaya akan dibuka untuk umum dan gratis.

Sedangkan tiket YouTube FanFest Live Show yang diselenggarakan pada 6 Oktober 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, bisa didapatkan mulai 6 September 2018 di youtubefanfest.com.

Penulis: Delya Octovie
Editor: Parmin

8 Pengakuan Tersangka Pembunuhan di Bekasi: Sakit Hati Dibangunkan saat Tidur Pakai Kaki

Berita Populer