Kanal

Pemkab Banyuwangi dan Angkasa Pura II Teken Kerja Sama Pengembangan Bandara

‎PT Angkasa Pura (AP) II melakukan penandatangan kerja sama (PKS) bersama Pemkab Banyuwangi, pemanfaatan tanah dan bangunan untuk pengembangan Bandara Banyuwangi.‎ - surya/haorrahman

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Pengelola Bandara Banyuwangi, PT Angkasa Pura (AP) II melakukan penandatangan kerja sama (PKS) bersama Pemkab Banyuwangi, pemanfaatan tanah dan bangunan untuk pengembangan Bandara Banyuwangi.

‎“Kerja sama ini merupakan tindak lanjut yang lebih teknis tentang hak dan kewajiban dalam pemanfaatan tanah dan bangunan untuk pengembangan bandara. Dengan penandatanganan kerja sama ini, sinergi AP II dan Pemkab Banyuwangi semakin kokoh untuk mengembangkan bandara sebagai salah satu fondasi kemajuan daerah,” kata ‎Dirut PT AP II, M Awaluddin‎, Jumat (31/8/2018).

AP II tengah melakukan investasi pengembangan bandara. Salah satunya memperluas terminal bandara Banyuwangi untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pesawat yang terus meningkat.

“Pertumbuhan penumpang sangat cepat hingga dua kali lipat dari sebelumnya. Saat ini, per hari Bandara Banyuwangi melayani 1.400 orang. Tentu kedepan membutuhkan terminal yang lebih luas,” kata Awaludin‎

Dia yakin Bandara Banyuwangi makin prospektif. Apalagi, Menteri BUMN Rini Soemarno telah memberikan arahan agar pesawat berbadan kecil yang beroperasi di Bandara Ngurah Rai Bali untuk dialihkan ke bandara terdekat, yaitu Banyuwangi.

"Menteri BUMN sudah memerintahkan untuk memindahkan pesawat yang tidak bermesin jet, seperti yang berbaling-baling atau propeller agar dipindahkan ke Banyuwangi. Ini peluang besar bagi kami sebagai operator di Bandara Banyuwangi," jelas dia.

Dengan rencana ini, AP II akan mengembangkan tourism triangle, yaitu pengembangan pariwisata terpadu antara Banyuwangi, Bali, dan Lombok.

"Dengan skema itu, Bandara Banyuwangi akan lebih sibuk, dan peningkatan penumpang pasti signifikan," katanya.

‎AP II juga telah menganggarkan dana sebesar Rp400 miliar untuk penambahan infrastruktur Bandara Nanyuwang, mulai perluasan apron, penebalan hingga perpanjangan landasan.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, berterima kasih kepada AP II yang telah meningkatkan infrastruktur bandara dan melakukan pengelolaan Bandara secara profesional.

“Ini bukti BUMN hadir untuk negeri, salah satunya dengan memudahkan aksesibilitas agar ekonomi rakyat di daerah makin berkembang,” ujarnya.

Bupati Anas juga menyatakan kesiapannya mendukung triangle tourism yang digagas AP II dengan memadukan Bali, Lombok, dan Banyuwangi.

Apalagi, kata Anas, Banyuwangi saat ini telah ditetapkan oleh pemerintah pusat menjadi satu dari delapan daerah prioritas pengembangan pariwisata.

“Pengembangan bandara ke depannya akan sangat mendukung program peningkatan jumlah turis sebagaimana target Presiden Jokowi,” pungkas Anas.

Penulis: Haorrahman
Editor: irwan sy

Ditemukan Tewas di Sawah, Mahasiswi Aceh Ternyata Dibunuh Pacar karena Alasan Ini

Berita Populer