Kanal

Pakde Karwo Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif

Pakde Karwo saat menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif kategori Lifetime Achievement yang diserahkan oleh Dirut Koran Sindo, Sururi Al Faruq dalam acara Penyerahan Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2018, di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Kamis (30/8). - ist

SURYA.co.id | MAKASSAR - Keberhasilan Gubernur Jatim Dr H Soekarwo dalam memimpin Jatim selama dua periode, mendapatkan perhatian dari Koran Sindo.

Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim, diberikan penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif kategori Lifetime Achievement. 

Penghargaan diserahkan oleh Dirut Koran Sindo, Sururi Al Faruq kepada kepada Pakde Karwo pada acara Penyerahan Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2018, di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (30/8).

Selama kepemimpinannya, Pakde Karwo berhasil dalam menurunkan penduduk miskin di Jatim melalui berbagai inovasinya, di antaranya melalui program Jalan Lain Menuju Kesejahteraan Rakyat (Jalin Kesra) dan Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra). Program tersebut menjadikan masyarakat miskin lebih berdaya dan sejahtera.

Pakde Karwo menjelaskan, penghargaan ini punya makna agar para kepala daerah melakukan berbagai inovasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pakde Karwo mengatakan, inovasi bisa dilakukan melalui berbagai cara, misalnya mencari alternatif bahan baku yang selama ini masih didatangkan dari impor.

“Impor tersebut yang terus menjadi beban. Dengan ikut sertanya Koran Sindo mendorong kepala daerah berinovasi memberikan dampak positif juga bagi masyarakat. Hal ini harus mendapat dukungan karena demokrasi meletakkan media sebagai tiang keempat dalam memberikan proses keputusan yang bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Gubernur menambahkan, dengan adanya penghargaan KDI, juga mengajak kepala daerah mempunyai jiwa enterpreneurship. Kepala daerah secara tidak langsung juga diajak mendorong produk daerah agar memiliki kualitas dan bagus, khususnya sektor UMKM. Kepala daerah bisa melakukan pelatihan sumber daya manusia (SDM) sehingga semua produk wilayahnya bisa menembus ekspor luar negeri maupun dalam negeri.

”Dengan memiliki jiwa enterpreneurship, para kepala daerah secara tidak langsung juga berupaya berinovasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Bapak Inovasi Indonesia

Pada kesempatan sama, Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri yang sekaligus Pj Gubernur Sulawesi Selatan Dr Sony Sumarsono juga menyebut Pakde Karwo sebagai sosok yang luar biasa dengan prestasi yang luar biasa.

Halaman
12
Editor: Eben Haezer Panca

Viral Wanita Terobos Rombongan Presiden Jokowi dan Acungkan Jari Tengah, Tabrak Polisi yang Mengawal

Berita Populer