Kanal

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Pasang Kuda-kuda Atap Gedung 11 Lantai Green Tower 2

Alexander dari PT Sinar Waringin Adikarya menerima tumpeng yang dipotong oleh Drs Soedjatmiko MM, Ketua Pengurus Yayasan Wijaya Kusuma, Jumat (17/8/2018) - surya/delya octovie

SURYA.co.id | SURABAYA - Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI ke-73, Universitas Wijaya Kusuma (UWK) Surabaya melakukan pemasangan kuda-kuda atap gedung terbaru mereka, yakni Green Tower 2.

Gedung 11 lantai tersebut nantinya akan menjadi 'rumah' bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Bahasa dan Sains, serta Fakultas Pertanian. Ketua Pengurus Yayasan Wijaya Kusuma, Drs Soedjatmiko MM, menyebut pemasangan kuda-kuda atap sebagai bagian krusial sebuah bangunan, sehingga patut mendapat selebrasi.

"Yang jelas pemasangan kuda-kuda adalah pemasangan pondasi atap. Kalau pondasi tidak kuat, ya atap akan hancur. Dengan demikian, diharapkan kelancaran sampai pemasangan kuda-kuda selesai," tuturnya dalam acara Pemasangan Kuda-kuda Pembangunan Gedung Perkantoran dan Perkuliahan Tahap IV (Green Tower), Jumat, (17/8/2018).

Tak ingin jauh dari kesan etnik, Candi Penataran dipilih sebagai ikon arsitektur Green Tower 2. Seodjatmiko menyebut dirinya memang menginginkan bangunan-bangunan di Indonesia tak melulu menampilkan gaya modern, tetapi juga bisa tetap mengkombinasi, serta mempertahankan model tradisional.

"Harusnya Indonesia banyak pembangunan yang menjadikan candi sebagai ikonnya. Itu ciri khas yang tidak dimiliki negara lain lho. Kalau bersaing tinggi-tinggian saja tidak perlu," ujarnya.

Selain kesan tradisional, sesuai namanya, Green Tower 2 akan menjunjung konsep bangunan hijau.

Green Tower 2 akan menjadi gedung berbasis lingkungan, di mana limbah air diatur di dalam gedung untuk dimanfaatkan kembali sebagai air penyiram tanaman.

UWK ingin mematuhi Peraturan Walikota (Perwali) yang mengharuskan adanya tanaman untuk gedung dengan luas tertentu.

Sehingga di tiap lantai Green Tower 2 nantinya dihiasi berbagai tanaman, dan ruang-ruang yang dimanfaatkan sebagai taman-taman kecil.

"Perawatan Green Tower 2 memang lebih mahal, tetapi yang penting ini nanti menjadi gedung ramah lingkungan," jelas Andi Aruji, humas UWK.

Green Tower 2 rencananya akan selesai dibangun pada bulan Mei 2019, dan diresmikan saat ulang tahun UWK, yakni 19 Juni 2019. Hingga kini, pembangunan Green Tower 2 masih sesuai jadwal.

Pembangunan sempat tersendat 0,04 persen karena ada acara-acara kampus seperti wisuda, namun berhasil dikejar dalam jangan waktu 2-3 hari.

Penulis: Delya Octovie
Editor: irwan sy

Ditemukan Tewas di Sawah, Mahasiswi Aceh Ternyata Dibunuh Pacar karena Alasan Ini

Berita Populer