Kanal

Pencapaian AirNav Indonesia di Atas Rata-rata Dunia

Pemandangan di Bandara Juanda Sidoarjo dari ketinggian menara ATC - surabaya.tribunnews.com/aflahul abidin

SURYA.co.id | SURABAYA – Iwan Yunaryawan mengaku langsung lemas melihat bodi pesawat melengkung yang baru saja mendarat di Bandar Udara Juanda Surabaya di Sidoarjo. Apalagi saat itu Iwan yang bertugas sebagai Air Traffic Controller (ATC) gagal berkomunikasi dengan pilot pesawat.

“Lemas rasanya,” kata Iwan, mengingat kembali insiden pesawat yang mengalami patah bodi pada 2007.

Untungnya, dalam kejadian menegangkan 11 tahun silam itu tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Semua kru pesawat dan penumpang dalam keadaan selamat. Tapi sebagai ATC, Iwan kaget luar biasa saat melihat kondisi pesawat tidak sempurna setelah mendarat.

Kondisi cuaca saat itu memang sedang kurang baik. Iwan segera memberikan sinyal darurat setelah tahu pesawat yang ia pandu mengalami masalah. Ia mencoba kembali menghubungi sang pilot. Tapi nihil jawaban.

Belakangan diketahui, pesawat tersebut patah akibat hard landing. Iwan merasa lega, karena ketika itu kesalahan bukan disebabkan salah instruksi dari ATC.

“Sebetulnya, yang bikin stres itu kalau terjadinya insiden karena kontribusi ATC,” kata dia.

Suasana di dalam menara Air Traffic Controller di Bandara Juanda, Sidoarjo (surabaya.tribunnews.com/aflahul abidin)

Cerita Iwan itu bisa menggambarkan bagaimana suasana tegang di tower ATC Bandara Juanda ketika terjadi sebuah insiden. Iwan sudah belasan tahun bekerja sebagai ATC di Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia atau biasa disebut AirNav Indonesia.

Ia kini menjabat ATC Supervisor AirNav Indonesia di Bandara Internasional Juanda. Di posisinya sekarang, ia bertugas mengkoordinasikan para ATC agar dapat bekerja ekstra fokus.

Ketika Surya mengunjungi unit tower itu pekan lalu, ada tiga ATC yang berkerja serius di belakang meja control desk. Menggunakan headset yang terpasang di kepala, mereka tampak sibuk berkomunikasi dengan pilot pesawat yang dipandunya.

Selain mereka, ada tiga ATC lain menunggu giliran bertugas di control desk.

Halaman
1234
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Eben Haezer Panca

Beredar Foto-foto Awal Penemuan Jasad Korban Pembunuhan Sekeluarga di Bekasi, 2 Anak di Kamar

Berita Populer