Kanal

Polisi di Jatim Berjumlah 40 Ribu. Yang Punya Rumah Sendiri Cuma 11 Persen

Kapolda Jatim, Irjenpol Machfud Arifin usai menghadiri peletakan batu pertama pembangunan, Perumahan Green Indah Sanika Bhayangkara di Dusun Ngangkrik, Desa Sidomulyo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, Jumat (10/8/2018) siang. - surabaya.tribunnews.com/rahadian bagus

SURYA.co.id|MADIUN - Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan, keterpenuhan perumahan bagi anggota Polda Jatim masih sangat sangat kurang.

Hal itu dia sampaikan saat menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan, Perumahan Green Indah Sanika Bhayangkara di Dusun Ngangkrik, Desa Sidomulyo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, Jumat (10/8/2018) siang.

"(anggota) Yang punya rumah itu sedikit sekali. Keterpenuhan perumahan di Polda Jatim hanya sekitar 11 persen, dari jumlah personil yang ada sekitar 40 ribu lebih, yang ada (punya rumah) cuma berapa persen. Sedikitlah ketersediaan perumahan," katanya

Kalaupun ada, kata kapolda, bangunan perumahan milik anggota merupakan bangunan lama. Oleh sebab itu, sesuai dengan instruksi dari Presiden dan Kapolri, perlu untuk meningkatkan kesejahteraan bagi anggota Polri, melalui kerjasama.

"Mumpung ada subsidi. Ini (lokasi) ada di piinggir jalan protokol. Kalau tidak dimanfaatkan angota rugi banget. Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi anggota, supaya tenang dalam bekerja. Kalau belum punya rumah gimana," kata Kapolda Jatim. 

Dia menambahkan, anggota polisi jangan sampai kalah dengan burung yang bisa membuat rumah untuk berkeluarga, melindungi anak dan keluarganya. Sementara, masih banyak anggota polri yang sudah merasa nyaman meski tinggal di rumah asrama.

"Polisi jangan kalah sama burung. Burung saja bisa bikin rumah, masa anggota nggak bisa punya rumah. Pensiun di rumah terus. Burung saja bisa bikin rumah untuk bertelur untuk beranak. Anggota malah tinggal di asrama terus,"katanya.

Ia mengapresiasi Polres Madiun Kota yang telah membangun perumahan bersubsidi bagi anggota Polri. Apalagi, Kapolres Madiun Kota, AKBP Nasrun Pasaribu juga memberikan undian berhadiah umroh, bagi anggota yang membeli rumah di Perumahan Green Indah Sanika Bhayangkara di Dusun Ngangkrik, Desa Sidomulyo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun.

Sementara itu, Wakapolres Madiun Kota, Kompol Mujito mengatakan, di Perumahan Green Indah Sanika Bhayangkara terdapat ruko 10 unit, tipe 54 sebanyak 49 unit, dan tipe 36 sebanyak 142 unit.

"Total di Perumahan Green Indah Sanika Bhayangkara ada jumlah 206 unit. Yang tipe 36 harga Rp 130 juta, dan yang tipe 54 harga Rp 250 juta," kata Kompol Mujito.

Selain di Desa Sidomulyo, perumahan bersubsidi bagi anggota polri juga dibangun di Desa Nglames, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun bernama Green Bhayangkara Nglames 1 & 2, dengan jumlah 152 unit. Tipe 36 dijual dengan harga Rp 123 juta, dan tipe 54 dengan harga Rp 225 juta. 


Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Eben Haezer Panca

Viral Wanita Terobos Rombongan Presiden Jokowi dan Acungkan Jari Tengah, Tabrak Polisi yang Mengawal

Berita Populer