Kanal

Mengharapkan Zohri Effect di Asian Games 2018

Lalu M Zohri - instagram/imam nahrawi

Oleh : Drs Arif Bulqini MKes, Dosen Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Unesa

ATLET yunior banyak termotivasi dengan prestasi-prestasi atlet-atlet sebelumnya. Bahkan, baru-baru ini yang sangat fenomenal adalah keberhasilan Lalu Muhammad Zohri, pelari Indonesia yang prestasinya mendunia dan banyak mendapat apresiasi. Semua atlet di ajang Asian Games nanti pasti ingin menjadi Zohri-Zohri yang lain, apapun cabang olahraganya.

Motivasi tiap atlet tentu lain-lain. Tapi yang utama, demi negara dan bangsa. Mereka pasti ingin berbuat banyak seperti Zohri. Saya yakin, setiap cabang juga punya senior yang banyak prestasi.

Contohnya, cabang olahraga bulu tangkis punya Susi Susanti dan Alan Budikusuma. Cabang olahraga tenis punya Yayuk Basuki, yang pasti menjadi panutan atlet masa kini. Dan hebatnya, atlet-atlet kawakan ini ikut turun langsung memberikan motivasi.

Turunnya para atlet-atlet berprestasi ini bagus. Mereka bisa menyampaikan segala sesuatu tentang presatasi, bukan keluhan. Prestasi atlet masa lalu luar biasa pengaruhnya. Meskipun, pada saat itu penghargaan dari pemerintah terbilang kurang.

Baca: Saat Atlet Veteran Turun Gunung Mempersiapkan Atlet Jagoan Indonesia di Asian Games 2018

Motivasi atlet masa kini timbul setelah adanya reaksi dari Menteri Pemuda dan Olahraga, kepala daerah, atau TNI/Polri. Semua komponen mendukung untuk prestasi atlet di Asian Games 2018. Ini tak lepas dari semangat yang digelorakan oleh RI 1.

Dengan fenomena ini, atlet tak lagi berfokus pada finansial. Yang terpenting dari mereka adalah prestasi maksimal bisa diraih.

Secara teknis, saya yakin semua hal sudah dilaksanakan. Sekarang, kita harus lebih hati-hati karena sudah mendekati masa penampilan puncak. Atlet sebaiknya tidak melakukan latihan yang membuat cidera. Cideranya atlet adalah kerugian yang sangat besar.

Masa persiapan yang sudah lama akan percuma jika atlet cidera. Apalagi, kabar yang saya tahu, sudah ada beberapa atlet yang cidera dan tidak bisa tampil di acara puncak.

Baca: Optimistis Atlet Jatim Bisa Sumbang 10 Emas di Asian Games 2018

Indonesia sebagai tuan rumah berpangaruh besar terhadap psikologis atlet. Mereka bertanding di negaranya. Bertanding di tengah pendukung yang banyak. Ini mampu membuat motivasi berlipat bagi para atlet.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Eben Haezer Panca

Viral Rumah Bohemian Rapsody di Blitar, Gaya Eropa dan Dianggap Mistis, Lihat Video Penampakannya

Berita Populer