Kanal

Keindahan Pantai Nanggelan Jember Bak Surga Tersembunyi. Namun Warga Setempat Keluhkan Ini

Keindahan Pantai Nanggelan Jember - surya/erwin wicaksono

SURYA.co.id | JEMBER – Untuk mencapai dan menemukan sesuatu yang indah terkadang membutuhkan proses yang tidak mudah. Mungkin hal tersebut jadi kiasan yang dapat menggambarkan Pantai Nanggelan Jember.

Pantai Nanggelan berada di Dusun Blater, Desa Curahnongko, Kecamatan Tempurejo. Namun, akses jalan yang sulit serta petunjuk jalan yang minim membuat tak semua orang mengetahui dan menjamah Pantai Nanggelan.

Hanya orang yang memiliki jiwa petualang yang mungkin mau datang menikmati pesona alam Pantai Nanggelan ini.

Untuk menuju Pantai Nanggelan terdapat jalur terdekat yang bisa dilewati sekitar 1,5 jam dari pusat Kabupaten Jember, yakni melalui Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu.

Sesampainya di desa tersebut, sebaiknya menggunakan sepeda motor karena mobil sudah pasti tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Sebab, rute perjalanan akan melewati Jembatan Ungkalan dengan panjang sekitar 150-200 meter. Jembatan itu hanya bisa diakses oleh pejalan kaki dan pengguna sepeda motor karena lebar jembatan yang sempit.

Setelah melewati Jembatan Ungkalan, masih harus melewati hamparan luas hutan jati milik Perum Perhutani. Sepeda motor akan melaju di atas jalan penuh debu, sembari terus menembus hutan jati,

Sekitar 30 menit setelah melewati hutan jati, akhirnya tiba di Dusun Ungkalan. Di dusun ini ada tempat parkir sepeda motor yang terdapat penjaga yang berjaga sampai malam.

Cukup bayar Rp 10 ribu untuk retribusi kepada pengelola warga setempat.

Namun perjalanan menuju Pantai Nanggelan belum selesai. Sebuah bukit dengan kontur jalan yang menanjak harus didaki.

Halaman
123
Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: irwan sy

Video Detik-detik King Kobra Ditangkap Kurir JNE di Perumahan, Warga Mengaku Lihat Ada 6 Ekor Ular

Berita Populer