Kanal

Singgahi Makam Bung Karno, Puan Maharani Serahkan Obor Asian Games ke Wawali Kota Blitar Santoso

Wakil Wali Kota Blitar, Santoso menerima api obor Asian Games 2018 dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani di kantor Wali Kota Blitar, Jumat (20/7/2018). - surya/samsul hadi

SURYA.co.id | BLITAR - Wakil Wali (Wawali) Kota Blitar, Santoso, menerima obor Asian Games 2018 dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kabudayaan, Puan Maharani, di Kantor Wali Kota Blitar, Jumat (20/7/2018). Santoso mengaku bangga Kota Blitar disinggahi kirab obor Asian Games.

"Ini sungguh luar biasa, Blitar menjadi satu dari 54 kota/kabupaten di Indonesia yang disinggahi pawai Obor Asian Games 2018. Ini menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat Kota Blitar," kata Santoso.

Menurut Santoso, pawai obor Asian Games di Kota Blitar bukan hanya sekadar singgah. Tetapi, ada nilai sejarah kenapa obor Asian Games singgah di Kota Blitar.

Pada 1962, di bawah kepemimpinan Presiden Ir Soekarno, Indonesia menyelenggarakan Asian Games kali pertamanya.

Sekarang, Indonesia ingin mengulang kembali kesuksesan menjadi tuan rumah Asian Games pada 56 tahun silam.

Tidak berlebihan kalau pawai obor Asian Games singgah di pusara Bung Karno yang berada di Kota Blitar.

"Kala itu, Bung Karno mengatakan Indonesia bisa, Indonesia mampu menyelenggarakan Asian Games. Semangat itu harus tetap digelorakan dalam pelaksanaan Asian Games saat ini," ujar Santoso.

Sebelum dibawa ke kantor Wali Kota Blitar, obor Asian Games singgah di kawasan Makam Bung Karno (MBK).

Obor Asian Games 2018 tiba di kawasan wisata MBK, Kota Blitar, sekitar pukul 13.00 WIB. Kedatangan obor Asian Games disambut meriah masyarakat Kota Blitar.

Sejumlah masyarakat dan pelajar sudah berkumpul di sepanjang jalan menuju kawasan wisata MBK.

Sejumlah pelajar masih mengenakan seragam berdiri berjajar di pinggir jalan. Mereka terlihat melambai-lambaikan bendera kecil.

Begitu tiba di lokasi, Obor Asian Games dibawa menuju ke pusara Bung Karno. Di pintu gerbang masuk MBK, obor diberikan ke mantan atlet tenis meja, Ling Ling Agustin.

Selanjutnya, Ling Ling membawa api masuk ke Makam Bung Karno. Ling Ling menyerahkan api ke Menteri Puan Maharani, yang sudah menunggu di lokasi.

Puan menerima obor Asian Games dari Ling Ling, kemudian bersama-sama membawa api ke kantor Wali Kota Blitar di Jl Merdeka.

Puan dan Ling Ling bersisi di bagian belakang mobil sambil menunjukkan Obor Asian Games ke masyarakat yang ada di pinggir jalan.

Usai menerima obor, Puan sempat memberikan keterangan sedikit ke sejumlah wartawan. Menurut Puan, obor Asian Games dibawa ke Makam Bung Karno sebagai kilas balik sejarah.

Dulu, kali pertama Asian Games digelar di Indonesia ketika masa kepemimpinan Presiden pertama RI, Ir Soekarno, yang tak lain kakek Puan Maharani.

"Kota Blitar ada nilai historisnya. Dulu pertama kali Asian Games digelar di Indonesia saat zaman Presiden Soekarno. Kami ingin mengulang kembali sejarah itu saat ini," tandas Puan.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: irwan sy

Kronologi Polisi Gadungan Perkosa Siswi SMK di Hadapan Pacar, Berawal Kepergok Mesum di Warnet

Berita Populer