Kanal

PENERIMAAN MAHASISWA BARU SEKOLAH TINGGI PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA APMD JOGJA

APMD - IST

Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa "APMD" (STPMD "APMD") AKREDITASI B merupakan perguruan tinggi yang sejak awal konsisten menaruh perhatian pada pemberdayaan masyarakat dan desa. Perhatian ini dikedepankan sebagai standing position serta respons akademik dan sosial terhadap ketidakberdayaan (powerless) masyarakat dalam menghadapi Negara, pasar dan globalisasi.

Kini keberadaan STPMD “APMD” sangat relevan dengan konteks pengembangan otonomi daerah, local govermance reform.

"Desa membangun Indonesia" menjadi semangat/spirit STPMD "APMD" untuk turut serta memajukan/membangun lebih dari 74.000 desa yang ada di Indonesia. Dominasi wilayah desa dan warga yang tinggal di desa bermakna bahwa kemajuan desa indentik dengan kemajuan Indonesia. Terbitnya Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa membuat eksistensi desa ke depan makin diperhitungkan diperhatikan pemerintah. Untuk ini peningkatan kapasitas aktor dan pelaku desa mutlak diperlukan demi tercapainya kemandirian desa.

Demikianlah, STPMD "APMD" sebagai Perguruan Tinggi mempunyai visi menjadi Sekolah Tinggi yang mampu mendorong kemandirian masyarakat dan desa secara konsisten dan terpercaya. Dengan visi ini, STPMD "APMD" mempunyai misi menyelenggarakan tata kelola Sekolah Tinggi yang kredibel, transparan, akuntabel dan bertanggungjawab, selain itu juga mengembangkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian yang berorientasi pada kemandirian masyarakat dan desa, serta mengembangkan peserta didik yang mampu membangun kemandirian masyarakat dan desa.

APMD (IST)

Program Studi dan Akreditasi

1. Pembangunan  Masyarakat  Desa  (D-3) Akreditasi - B
2. Ilmu Sosiatri/ Pembangunan Sosial (S-1) Akreditasi - A
3. Ilmu Komunikasi (S-1) Akreditasi – B
4. Ilmu Pemerintahan (S-1) Akreditasi – A
5. Ilmu Pemerintahan (S-2) Akreditasi – B

Deskripsi Program Studi

1. Program Studi Pembangunan Masyarakat Desa (D-3) Akreditasi B

Program Studi Pembangunan Masyarakat Desa  (Diploma 3) menitik beratkan pada kajian pemberdayaan masyarakat desa, menuju kemandirian desa. Pencapaiannya dilakukan melalui peningkatan kapasitas pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa. Program Studi ini mempersiapkan lulusannya dengan membekali pengetahuan dan ketrampilan dalam memfasilitasi aktor-aktor desa (Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa dan Masyarakat/ Lembaga Kemasyarakatan Desa).

Profil Lulusan :

Lulusan dari program studi Pembangunan Masyarakat Desa ini memiliki kemampuan/ ketrampilan dibidang tatakelola desa, katalisator pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

2. Program Studi Ilmu Sosiatri / Pembangunan Sosial (S-1) Akreditasi A

Program Studi Ilmu Sosiatri/Pembangunan Sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang strategi pengembangan dan pemberdayaan individu serta masyarakat, dengan pendekatan utama pada aspek sosial budaya, dan dilengkapi aspek ekonomi, politik dan ekologi. Mahasiswa dilatih untuk menguasasi masalah-masalah sosial, potensi dan sumber daya, perancangan strategi pengembangan masyarakat serta alternatif solusi dan rancangan agenda aksi pemberdayaan masyarakat dan desa.

Profil Lulusan :

Lulusan dari Program Studi Ilmu Sosiatri/Pembangunan Sosial telah banyak berkiprah sebagai penggiat Lembaga Sosial Masyarakat (LSM), konsultan Corporate Social Responsibility (CSR), peneliti, akademisi, birokrat, pendamping dan fasilitator desa, pekerja sosial .

APMD (IST)

3. Program Studi Ilmu Komunikasi (S-1) Akreditasi B

Ilmu Komunikasi mempelajari proses penyampaian pesan yang mempertemukan kepentingan berbagai pihak hingga tercapai pengertian bersama. Informasi merupakan kekuatan, sedangkan media masa merupakan artileri penyampai pesan yang mampu menggugah dan mengubah kondisi masyarakat menjadi lebih baik. Komitmen kami tegas, berpihak pada keberdayaan masyarakat, terutama desa. Pluralis dan Humanis adalah semangat kami, partisipatif dan dialogis merupakan metode belajar yang mencairkan hubungan kemitraan dan keterbukaan dengan mahasiswa serta masyarakat luas.

Profil Lulusan :

Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi STPMD “APMD” telah bekerja secara profesional dalam pembangunan masyarakat di berbagai profesi, baik sebagai jurnalis, pekerja humas di pemerintahan dan perusahaan, fasilitator pemberdayaan masyarakat, LSM, akademisi dan peneliti, birokrasi, serta konsultan komunikasi pemberdayaan.

4. Program Studi Ilmu Pemerintahan (S-1) Akreditasi A

Ilmu pemerintahan adalah ilmu yang mempelajari pemerintah, hubungan antara pemerintah dengan yang diperintah. Objek kajian dari Ilmu Pemerintahan adalah Negara, relasi Negara dengan masyarakat dan rakyat itu sendiri. Ilmu Pemerintahan juga mempelajari  perbuatan pemerintah yang menyangkut kebijakan, pengambilan keputusan dan penggunaan kekuasaan. Empat konsep besar yang dipelajari dalam ilmu Pemerintahan yaitu demokrasi, tatakelola pemerintahan, kekuasaan dan kebijakan.

Profil Lulusan :

Kompetensi lulusan Program Studi Ilmu Pemerintahan yakni menjadi pelaku pemerintahan, pendidik pemerintahan, peneliti pemerintahan, analisis politik dan pemilu, konsultan pemerintahan, pelaku partai politik, pelaku KPU, pelaku pemerintahan daerah, pelaku LSM, pelaku desa, pengambil keputusan di desa dan fasilitator desa.

5. Program Magister Ilmu Pemerintahan (S-2) Akreditasi B

Ilmu Pemerintahan (S-2) mempelajari tentang proses pemerintahan pada level Negara, intermediary dan masyarakat sipil.

Kompetensi Lulusan :

Lulusan Program Studi Ilmu Pemerintahan (S-2) memiliki kemampuan menjadi konseptor ahli di bidang pemerintahan daerah, kepemerintahan desa, dan pembangunan masyarakat sipil.

APMD (ISt)

6. Kegiatan Kemahasiswaan dan Fasilitas Belajar Mengajar

Oganisasi dan kegiatan  mahasiswa meliputi ; Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Badan Legislatif Mahasiswa, Korps Mahasiswa Program Studi (Ilmu Pemerintahan, Ilmu Sosiatri & Ilmu Komunikasi), Unit kegiatan Kemahasiswaan (UKM), Kerohanian, Olah Raga, Musik, Tari, Paduan Suara, Pecinta Alam, Pusat Studi Mahasiswa untuk Desa, Lembaga Pers Mahasiswa.

Untuk menunjang proses perkuliahan STPMD “APMD” Yogyakarta memiliki fasilitas Antara lain :

Ruang kelas ber AC dan LCD, perpustakaan, Ruang dan Fasilitas Pelatihan Bahasa, computer dan desa. Ruang sidang dan ruang seminar, Lab social dan komunikasi, Ruang secretariat, Organisasi Kemahasiswaan Fasilitas Olah Raga, Radio Komunitas, Klinik Kesehatan, Student Lounge, Kantin, dll.

APMD (Ist)

7. Syarat Pendaftaran dan Registrasi

A. Syarat Pendaftaran

1. Mengisi formulir pendaftaran
2. Menyerahkan fotokopi Ijazah/STTB/SKL/SHUN 1 lembar (bagi yang telah lulus SLTA) atau Fotokopi Rapor Semester III sampai V (bagi yang belum lulus)
3. Menyerahkan Pasfoto berwarna 3x4 cm sebanyak 2 lembar
4. Membayar uang pendaftaran

B. Syarat Registrasi (Setelah Lulus Seleksi)

1. Surat pemberitahuan hasil seleksi
2. Pasfoto berwarna terbaru ukuran (3x4) cm sebanyak 2 lembar.
3. Fotokopi Ijazah/STTB/SKL/SHUN yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang atau Kepala SKB (bagi yang lulus program Kejar Paket C) rangkap 3 (bisa disusulkan)
4. Fotokopi Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar.
5. Fotokopi SKBRI sebanyak 1 lembar bagi WNI Keturunan.
6. Fotokopi Surat Ijin Belajar dari Dirjen Dikti sebanyak 1 lembar bagi WNA.
7. Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (C1) masing-masing sebanyak 2 lembar.
8. Membayar biaya pendidikan (sesuai ketentuan)
9. Menyerahkan formulir kesediaan mentaati segala peraturan yang berlaku di STPMD “APMD” lengkap dengan tandatangan di atas materai Rp6,000,00 serta mengisi formulir data mahasiswa.

APMD (Ist)

8. Alamat dan Contact Person

Alamat: Jalan Timoho 317 Yogyakarta, Telp (0274) 561971
Email: info@apmd.ac.id
Home Page/Website: www.apmd.ac.id
Contacts person:
Ibu Candra (0812 2773 0251)

Editor: Adrianus Adhi

Kronologi Pria Sulawesi 49 Hari Hanyut di Lautan hingga ke Jepang, Teriak “Help” Tapi Tak Digubris

Berita Populer