Kanal

Bulan Juni, Luas Tambah Tanam di Sidoarjo Ditarget Realisasi 5.000 Hektar

Ir Nurwantiningsih, Kabid Produksi Tanaman Pangan dan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Sidoarjo, dan Dr Chendy Tafakresnanto, MP Kepala BPTP sekaligus Pelaksana Jabatan Upsus (Upaya Khusus) pertanian di Jatim saat paparan terkait penambahan LTT untuk kabupaten Sidoarjo. - surya/istimewa

SURYA.co.id | SURABAYA - Potensi luas tanam padi periode April Hingga September 2018 di Kabupaten Sidoarjo tercatat seluas 17.077 hektar.

Sementara di bulan Juni 2018 ini, Sidoarjo optimis menembus 5.000 hektar realisasi tanamnya.

"Setelah melewati April dengan realisasi LTT (Luas Tambah Tanam) mencapai 1.645 ha dan Mei 4.579 ha. Pada MK (Musim Kemarau) 1 ini sawah irigasi masih dimungkinkan tanam padi. Sudah 1,5 bulan Sidoarjo memasuki musim kemarau, sawah tadah hujan dengan kendala ketersediaan air, petani beralih ke palawija atau hortikultura," jelas Ir Nurwantiningsih, Kabid Produksi Tanaman Pangan dan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Sidoarjo, Senin (4/6/2018).

Langkah ini merupakan dukungan dari program percepatan LTT bulan Juni, dimana saat ini petani sudah melakukan persemaian dan olah tanah.

Hasil identifikasi potensi LTT di masing-masing kecamatan, taksasi tanam Juni dapat menembus 5.000 hektar.

"Jika tercapai sesuai target, maka luas tanam April-Juni mencapai 10.580 hektar," tambah Nurwantiningsih.

Untuk mendorong percepatan LTT, Badan Penelitian dan Teknologi Pertanian (BPTP) Jatim juga memberikan stimulan berupa benih VUB dan bantuan olah tanah.

"Selain itu, BPTP Jatim akan mengadakan DEM pada wilayah yang terkendala air melalui kegiatan peningkatan IP padi dengan memanfaatkan sumur dangkal sebagai salah satu alternatif sumber air irigasi," kata Dr Chendy Tafakresnanto, MP Kepala BPTP sekaligus Pelaksana Jabatan Upsus (Upaya Khusus) pertanian di Jatim.

Pihaknya juga mendorong dan terus memberikan semangat untuk giat LTT dan tidak melupakan mengawal data di lapangan supaya sinkron dengan data BPS.

"Sehingga target LTT lewat Upsus bisa tercapai," tandas Chendy.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Titis Jati Permata

Benarkah Mie Ayam Tugu Lilin Pajang Solo Pakai Pesugihan Pocong? Yuk Mampir ke Warungnya

Berita Populer