Kanal

Ada Pesawat dari Juanda ke Sumenep, Jember dan Karimunjawa

Pesawat Susi Air sebelum terbang perdana di Bandara Trunojoyo, Sumenep Sabtu (2/5/2015) - surya/moh rivai

SURYA.co.id | SURABAYA - Mudik ke Kabupaten Sumenep nanti sudah bisa dilayani dengan pesawat. Begitu juga bagi warga yang hendak mudik ke Jember, juga siap dilayani dengan pesawat.

Bahkan termasuk jika ada yang mudik ke Karimunjawa, Jepara, semua penumpang bisa dilayani dari Bandara Juanda. Juanda-Trunojoyo (Sumenep), Trunojoyo-Noto Hadinegoro (Jember) Juanda-Notohadinegoro, Juanda-Karimunjawa (Jepara).

"Tiga bandara di daerah tujuan mudik itu sudah sepenuhnya siap. Meski masih menggunakan pesawat perintis," jelas Kepala Dishub dan LLAJR Jatim Wahid Wahyudi usai Rakor khusus kesiapan angkutan lebaran, Rabu (10/6/2015).

Dengan kondisi bandara yang sudah siap di daerah-daerah itu menjamin kesiapan pesawat mendarat dan terbang di bandara tersebut. Wahid menuturkan bahwa baik landasan pacu dan navigasi di bandara-bandara itu juga siap.

Begitu juga untuk infrastruktur tambahan seperti akses jalan ke bandara, semuanya dinilai siap. "Mereka selama ini juga sudah beroperasi. Namun penerbangan mereka belum penuh," kata Wahid kembali.

Namun saat ini, Bandara Trunojoyo masih menunggu bantuan dari Kementerian Perhubungan untuk infrastruktur penuempurna.

Pesawat-pesawat itu terbang dengan program subsidi. Makanya, harga tiket untuk ke jurusan Sumenep maupun Jember sangat terjangkau.

Saat ini, penerbangan dengan rute Juanda-Jember sudah sampai 70 persen. Artinya seat nya di posisi ini. Sementara untuk rute Sumenep-Jember baru 40 persen. Surabaya- Karimunjawa 80 persen.

Selama ini jumlah pesawat yang terbang di langit Jatim ada sekitart 200 pesawat. Sebanyak 185 di Juanda. Selebihnya di Malang, Banyuwangi, Jember, dan Sumenep. Khusus Bawean memang dikatakan Wahib masih belum siap. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yuli

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer