Kanal

Ketika Obyek Lukis Keluar Dari Papan Tulis

Lukisan ikan diatas papan tulis hitam menjadi salah satu karya pelukis Tommy Wondra yang dipamerkan di galeri AJBS mulai 30 September 2012 hingga 11 Oktober 2012. - foto: Surya/Sri Handi Lestari

SURYA Online, SURABAYA - Pelukis Tommy Wondra asal Jogjakarta, menghadirkan karyanya di galeri AJBS mulai Minggu (30/9/2012) hingga 11 Oktober 2012. Ada 20 karya yang dipamerkan dengan tema "Potret Intuisi". Kurator Eddy Soetriono, saat persiapan pameran, Kamis (27/9/2012), mengatakan karya-karya Wondra, seperti menaruh papan tulis hitam dibidang putih kanvas. "Ada kalanya pemasangan papan tulis hitam itu tepat ditengah, sehingga menyisakan putih kanvas di keempat sisinya," jelas Eddy.

Ada kalanya bidang putih yang disisakan hanya bagian atas dan bawah. Dan ada kalanya, bidang putih hanya tersisa di atas. Bahkan ada pula kanvas yang tidak menyisakan sama sekali bidang putih.

Selanjutnya di bidang hitam yang serupa dengan papan tulis dengan kapur putih sebagai alat tulisnya, Wondra mengisinya dengan berbagai obyek gambar. Dengan tidak meninggalkan bekas yang ada di papan tulis hitam itu.

Di tangan Wondra, bidang-bidang putih itu berfungsi dengan sangat plastis. Dia juga bisa menguatkan kesan tiga dimensi (keruangan) dari lukisan yang bersifat dua dimensi. Dia juga bisa mengesankan alam luas tempat obyek-obyek keluar dari bidang gambar berupa papan tulis hitam.

CEO AJBS Galery, Soebagio Widjaja, mengatakan melihat semua karya Wondra memang sangat memuaskan. "Dia paham apa pentingnya Quality Control dalam sebuah proses produksi-tanpa banyak berkata-kata. Tommy Wondra memang pekerja keras dalam diam, bahkan dalam proses kreasinya, dia juga tak segan merobek karya yang dianggapnya gagaln" jelas pria yang akrab dipanggil Bagyo itu.

Sementara itu dari 20 karya lukis yang dipamerkan, dua sudah dipesan orang. Rata-rata ditawarkan dengan harga Rp 60 juta sampai Rp 90 juta.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Heru Pramono

Berita Populer