Berita Bangkalan

Polsek Socah Bangkalan Sita 13 Buah Karung Plastik Berisikan Bahan Peledak

Bubuk mesiu berdaya ledak rendah dalam belasan glangsing pupuk kemasan 20 kg itu rencananya akan dijadikan bahan peledak mercon.

Polsek Socah Bangkalan Sita 13 Buah Karung Plastik Berisikan Bahan Peledak
surya.co.id/ahmad faisol
Polsek Socah Polres Bangkalan menyita sebanyak 13 karung plastik berisikan bahan peledak dan perlengkapan untuk pembuatan mercon di Kampung Lengguleng, Desa Keleyan Kecamatan Socah, Kamis (16/5/2019) malam 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Anggota Opsnal Polsek Socah Polres Bangkalan menyita 13 karung plastik atau glangsing berisi bahan peledak di Kampung Lengguleng, Desa Keleyan Kecamatan Socah, Kamis (16/5/2019) malam.

Bubuk mesiu berdaya ledak rendah (low explosive) di dalam belasan glangsing pupuk kemasan 20 Kilogram (Kg) itu rencananya akan dijadikan bahan peledak mercon.

"Ada 13 buah glangsing berisikan bahan peledak. Glangsing pupuk kemasan 20 Kg, tapi isi (bahan peledak) nya tidak penuh," ungkap Kapolsek Socah AKP Hartanta kepada SURYA.co.id, Jumat (17/5/2019).

Selain mengamankan sebanyak 13 buah glangsing berisikan bubuk mesiu, polisi juga menyita sejumlah kolongsong mercon tanpa mesiu berukuran kecil sebanyak tiga kardus, dan klongsong besar berbahan kertas sebanyak satu kardos.

Ada juga enam bendel sapu lidi, satu unit alat tumbuk dari besi, satu kresek sumbu mercon, dan alat pembuat selongsong mercon dari besi.

"Saat ini kami tengah memburu pemilik sekaligus pembuat mercon karena (Moh Umar) kabur saat digerebek," tuturnya.

Malam itu juga, sejumlah bahan-bahan pembuatan mercon tersebut langsung diamankan di Mapolres Bangkalan sebagai barang bukti.

Kasubbag Humas Polres Bangkalan Iptu Suyitno menambahkan, penggerebekan yang dilakukan anggota Opsnal Polsek Socah itu merupakan bagian dari kegiatan operasi penyakit masyarakat (pekat).

"Kami juga atensi terhadap peredaran dan pejualan minuman keras selama bulan Ramadhan hingga Lebaran," singkatnya.

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved