Ramadan 1440 H

Hati-hati, karena 5 Hal ini Puasa Kita Bisa Jadi Tak Dapat Apa-apa!

Ramadan memang menjanjikan obral pahala. Amalan apapun jika dilaksanakan di bulan Ramadan akan mendapatkan pahala berlipat.

Hati-hati, karena 5 Hal ini Puasa Kita Bisa Jadi Tak Dapat Apa-apa!
NU.OR.ID
Ilustrasi Puasa 

SURYA.co.id| Ramadan memang menjanjikan obral pahala. Amalan apapun jika dilaksanakan di bulan Ramadan akan mendapatkan pahala berlipat bahkan hingga  hingga 70 kali dibanding di luar bulan Ramadan.

Selain itu dalam bulan Ramadan banyak momen mendulang pahala tersebut, seperti malam Lailatul Qotar, yakni bagi orang-orang beramal atau melakukan kebaikan di malam itu diyakini akan mendapatkan pahala seperti ibadah 1.000 bulan.

Banyak amalan yang bisa dilakukan untuk mengejar bulan obral pahaka tersebut, misanya, perbanyak baca Alquran, iktikaf di masjid terutama di malam-malam ganjui Ramadan di sepuluh hari terakhir Ramadan, dan perbanyak sedekah.

Semuanya itu dalam rangka melengkapi pahala-pahal puasa yang kita kerjakan di Bulan Penuh Berkah tersebut.

Namun, jangan lupa bahwa ada hal-hal yang bisa jadi akan membatalkan seluruh pahala puasa, jika kita tidak hati-hati.

Dikutip Tribunkaltim.co,  ulama KH Sulthon Barmawi menyatakan banyak orang yang berhasil melakukan pahala, tetapi tidak berhasil mendapatkan pahala.

"Banyak orang berhasil melakukan puasa dengan menahan ini dari berbagai hal-hal yang membatalkan puasa, tetapi mereka tidak berhasil mendapatkan pahala. Seperti dalam hadits Rasulullah طَشُ كَمْ مِنْ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ اِلاَّ الْجُوْعُ وَ الْعَ artinya, ‘betapa banyak orang-orang yang berpuasa tidak mendapatkan balasan kecuali lapar dan haus’," jelasnya.

Menurutnya, ada lima perkara yang dapat menggugurkan pahala puasa, yakni:

1.Berdusta

Dusta berarti menyampaikan informasi tidak berdasar fakta.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved