Berita Bangkalan

Tunggu Waktu Buka Puasa, Siswa SD Bangkalan Pantau Aneka Burung Migran

Para siswa beserta guru berkeliling menyusuri pematang tambak dan jembatan yang membelah hutan mangrove

Tunggu Waktu Buka Puasa, Siswa SD Bangkalan Pantau Aneka Burung Migran
surya.co.id/ahmad faisol
Siswa SDN Lembung Peseser Kecamatan Sepulu Bangkalan menghabiskan waktu menunggu saat berbuka puasa sambil memantau keberadaan burung-burung migran di Kawasan Pelestarian Keanekaragaman Hayati Pesisir dan Laut di Desa Lembung Paseser 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Sedikitnya 60 siswa dan guru SDN Lembung Paseser Kecamatan Sepulu menunggu waktu berbuka puasa sambil memantau aneka burung migram dari jarak sekitar 10 meter di kawasan mangrove tak jauh dari sekolah mereka, Rabu (15/5/2019).

Pesisir pantai utara Kabupaten Bangkalan yang kaya populasi mangrove memang kerap menjadi jujukan transit burung dari belahan dunia.

Di waktu sore, suara merdu dari ratusan burung migran itu terdengar lirih terbawa semilir angin di Kawasan Pelestarian Keanekaragaman Hayati Pesisir dan Laut Desa Lembung Paseser.

Para siswa beserta guru berkeliling menyusuri pematang tambak dan jembatan yang membelah hutan mangrove.

Mereka juga dikenalkan tentang burung migrasi dan habitatnya

"Anak-anak antusias, senang sekali bisa melihat dengan kasat mata ragam burung migran," ungkap Kepala SDN Lembung Paseser, Ny Homseh kepada SURYA.co.id.

Burung migran yang teramati sore itu adalah jenis Gajahan Pengala (Numenius phaepus), Trinil Kaki Merah (Tringa totanus), Cerek Kernyut (Pluvialis fulva).

Beberapa siswa nampak mengabadikan momen tersebut dengan menggunakan smartphone. Mereka diminta terlalu berisik agar burung-burung tidak terganggu.

"Dari jarak sekitar 10 meter lah, hanya satu petak tambak. Burung-burung bisa dilihat dengan kasat mata," jelas Ny Homseh.

Ia menambahkan, pihaknya telah membekali para siswa tentang pentingnya menjaga kelestarian ekosistem mangrove dan populasi burung migran di pesisir pantai.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved