Tokoh-tokoh Masyarakat di Sidoarjo Serukan Perdamaian Paska Pemilu

Kabar penolakan hasil Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dalam Pemilu 2019 mendapat respon dari tokoh-tokoh masyarakat di Sidoarjo

Tokoh-tokoh Masyarakat di Sidoarjo Serukan Perdamaian Paska Pemilu
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Tokoh-tokoh masyarakat di Sidoarjo menyerukan perdamaian setelah Pemilu 2019 dan meminta masyarakat tak pedulikan seruan people power. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Ramai-ramai kabar penolakan terhadap hasil Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dalam Pemilu 2019 juga mendapat respon dari tokoh-tokoh masyarakat di Sidoarjo.

"Pemilu sudah selesai. Yang kita butuhkan saat ini adalah melebur perbedaan dan perselisihan demi keutuhan NKRI," kata Ketua Daerah Muhammadiyah Sidoarjo, Masyhud, Kamis (16/5/2019).

Di organisasi Muhammadiyah, menurutnya semua terpusat mengikuti PP Muhammadiyah. Dan keutuhan NKRI adalah faktor utama yang harus ditegakkan.

"Keutuhan NKRI, menjadi poin paling utama, khususnya usai pelaksanaan Pemilu 2019. Ada pihak yang menang, ada yang kalah. Inilah situasi paling sulit. Perbedaan itu wajar, namun jangan terlalu berlarut-larut," pesan Masyhud.

Pihaknya berharap agar masyarakat tidak gegabah menyikapi perkembangan politik. "Jika ada yang dirasa kurang sesuai, mari sampaikan dengan hati yang dingin, melalui jalur hukum yang sesuai," sebutnya.

Hendropriyono Sebut People Power 22 Mei hanya Retorika Saja: Kudeta Sipil Jauh Panggang dari Api

Para Pendekar Silat di Magetan Sepakat Tolak People Power, Kami Terpanggil untuk Menolak

Sementara menurut Ketua PCNU Sidoarjo, KH Maskun, aksi people power kental kaitannya dengan kepentingan salah satu paslon yang tidak terima akan hasil Pemilu 2019.

Pria yang akrab disapa Abah Maskun ini berharap, yang terpenting saat ini adalah upaya-upaya rekonsiliasi yang diharapkan mampu meredam tensi politik nasional.

“Saya percaya, bangsa Indonesia dan para elite bangsa itu semakin hari akan semakin mengarah pada rekonsiliasi, kerukunan dan persatuan. Di sana-sini, ada perbedaan itu sudah biasa namun terus diusahakan agar masing-masing dapat berdialog demi keutuhuan Bangsa,” jelasnya.

Kepada masyarakat, khususnya warga di Sidoarjo, Ketua PCNU berharap agar masyarakat dapat bersabar, dan menahan diri. Dalam setiap kontestasi pasti ada kalah menang. "Mari legowo untuk keutuhan Bangsa," ajaknya.

Kabar tentang aksi People Power juga direspon Ketua PC GP Ansor Sidoarjo Riza Ali Faizin. "People power jelas arahnya tidak lagi sekedar menyampaikan aspirasi yang kata mereka ada kecurangan-kecurangan dalam Pemilu 2019, akan tetapi arahnya jelas mengganggu keamanan dan keutuhan Bangsa kita," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved