Berita Tuban

Tahun ini 273 Desa di Tuban akan Laksanakan Pilkades Serentak, ini Aturan Baru bagi Calon Kades

Sebanyak 273 Desa di Kabupaten Tuban akan melaksanakan Pilkades serentak pada 10 Juli 2019.

Tahun ini 273 Desa di Tuban akan Laksanakan Pilkades Serentak, ini Aturan Baru bagi Calon Kades
foto: istimewa
logo pilkades 

SURYA.co.id | TUBAN - Sebanyak 273 Desa di Kabupaten Tuban akan melaksanakan Pilkades serentak pada 10 Juli 2019. Tahun ini aga regulasi baru bagi calon kepala desa (cakades) yakni keharusan membagi pengelolaan tanah bengkok dengan masyarakat.

Terkait persentase pembagian pengelolaan tersebut tidak ditentukan, tetapi Pemkab Tuban menyebut ada cakades  yang berani memberikan pengelolaan tanah bengkok hingga 100 persen kepada masyarakat.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana (Dispemas KB) Kabupaten Tuban menyebuta, pada pilkades serentak tahun ini ada hal yang beda.

Hal itu terkait penandatanganan fakta integritas, calon kepala desa harus mengalokasikan pembagian tanah bengkok kepada masyarakat atau kelompok jika terpilih. 

"Ya semua calon harus menandatangani fakta integritas terkait pembagian bengkok," kata Kasi Peningkatan Kapasitas Aparatur dan Lembaga Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana (Dispemas KB) Kabupaten Tuban, Suhut, Kamis (16/5/2019).

Dia menjelaskan, tujuan pembagian bengkok tak lain adalah untuk pengentasan kemiskinan bagi warga sekitar. 

Semua calon yang akan memperebutkan kursi desa 1 sudah menyetujui fakta integritas tersebut.

Mengenai besarannya tidak ditentukan, namun Suhut menyebut ada yang sampai berani memberikan 100 persen tanah bengkok untuk dikelola warga.

"Tujuan fakta integritas ini adalah untuk pengentasan kemiskinan, sesuai harapan Bupati. Semua calon kepala desa sudah menandagangani dan siap melaksanakan jika terpilih," tandasnya.

 
 

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved