Sambang Kampung Wonokromo

Puskesmas 3 Lantai di Permukiman Penduduk, Dibuka Wali Kota Tri Rismaharini  

"Setelah dibantu Pemkot, akhirnya kami bisa menampung banyak. Sekarang tiap lantai punya fungsi pelayanan sendiri-sendiri," tutur dr Era Kartikawati.

Puskesmas 3 Lantai di Permukiman Penduduk, Dibuka Wali Kota Tri Rismaharini   
surya.co.id/habibur rohman
KESEHATAN MASYARAKAT - Kondisi Puskesmas Wonokromo yang kini memiiki beberpa lantai untuk pelayanan dan memiliki daya tampung lebih besar, Rabu (15/5/2019). Puskesmas ini memiliki banyak kader agar bisa memantau kesehataan masyarakat lbh dekat. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Banyaknya warga Wonokromo yang membutuhkan layanan kesehatan, tak sebanding dengan Puskesmasnya yang kecil dan pelayanannya terbatas. Namun

hal itu tidak menyurutkan semangat para warga Wonokromo untuk mewujudkan Puskesmas tiga lantai di tengah kampung, dengan pelayanan terpadu di tiap lantai dan fasilitasnya lengkap.

"Kami awalnya mengusulkan ke dewan, lalu ke Pemerintah Kota (soal pengembangan Puskesmas). Ini kan memang kebutuhan bagi kami, karena Puskesmas dulu kecil sekali, antrean sampai di luar. Ini disebabkan semua pelayanan dan rujukan harus ke Puskesmas. Otomatis warga yang dapat pelayanan banyak. Akhirnya antre panjang, panas, penuh sesak," cerita Tri Novita Wulandari, Ketua Posbindu Puskesmas Wonokromo, Rabu (15/5/2019).

Masyarakat juga mengikuti Musrenbang, lalu para kader menemui Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, hingga akhirnya permintaan dikabulkan, dan bangunan full AC ini sudah bisa dimanfaatkan pada tahun 2018.

"Setelah dibantu Pemkot, akhirnya kami bisa menampung banyak. Sekarang tiap lantai punya fungsi pelayanan sendiri-sendiri," tutur dr Era Kartikawati, Kepala Puskesmas Wonokromo.

Lantai I digunakan untuk pelayanan pendaftaran dan kasir, pelayanan pemeriksaan dan umum, pelayanan kesehatan gigi dan mulut, pelayanan kesehatan lansia, pelayanan KIA - KB, pelayanan gizi, pelayanan kefarmasian/obat. 

Lantai 2 digunakan Pelayanan Kesehatan Tradisional, Pelayanan Laboratorium, Pelayanan Psikologi, Pelayanan promosi kesehatan, dan pelayanan kesehatan lingkungan. 

Sementara lantai 3, digunakan untuk ruang Kepala Puskesmas dan Tata Usaha.

Dari segi pelayanan, Tri Novita Wulandari yang akrab disapa Wulan tersebut mengatakan, Puskesmas berkembang sangat pesat.

Disediakan pula ruang baca dan bermain, sehingga pasien yang membawa anak tak perlu khawatir menempatkan anaknya.

Halaman
12
Penulis: Delya Octovie
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved