Grahadi

Beranda Grahadi

Arumi Bachsin: Pengrajin Makin Ahli Hasilkan Batik Khas Jatim

Batik Jatim saat ini mulai menunjukkan kekhasannya dan memiliki daya saing dengan batik dari provinsi lain

Arumi Bachsin: Pengrajin Makin Ahli Hasilkan Batik Khas Jatim
Istimewa/Humas Pemprov Jatim
Arumi Bachsin saat menjadi juri Lomba Desain Batik 2019, di Kantor UPT Pengembangan Mutu Produk Industri dan Teknologi Kreatif Surabaya Disperindag Provinsi Jatim, Jalan Kedungdoro Surabaya, Kamis (16/5/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Para pengrajin dari Jatim semakin ahli (expert) dalam menghasilkan batik khas Jawa Timur.

Keahlian ini membuat Batik Jatim saat ini mulai menunjukkan kekhasannya dan memiliki daya saing dengan batik dari provinsi lain.

Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak saat menjadi juri Lomba Desain Batik 2019, di Kantor UPT Pengembangan Mutu Produk Industri dan Teknologi Kreatif Surabaya Disperindag Provinsi Jatim, Jalan Kedungdoro Surabaya, Kamis (16/5/2019).

Menurutnya, potensi pengrajin batik di Jatim sangat besar dan penuh kreasi.

Karena itu, diadakannya Lomba Desain Batik bisa sarana kegiatan yang dibuat untuk menggali kreatifitas para pengrajin batik. Apalagi tahun ini mengangkat tema lebih ke arah motif kuno.

“Jadi motif-motif kuno di setiap kabupaten/kota banyak sekali. Kita ingin melihat pengetahuan dari para pengrajin itu sudah banyak, sudah banyak tahu motif kuno itu apa saja. Dan kira-kira bisa nggak mereka menampilkan motif-motif kuno tapi yang masih dapat menjual dan menarik jaman sekarang tanpa meninggalkan kesan kunonya dan klasik,” jelas Istri Wagub Jatim tersebut.

Dikatakan, tahun ini, pengrajin yang mengikuti lomba banyak dari kaum muda. Artinya, generasi muda sangat luar biasa mengembangkan minat dalam berkreasi menciptakan batik.

“Dari lomba ini, banyak pengrajin yang muda. Jadi suatu hal yang luar biasa. Ini sesuai dengan target Dekranasda Provinsi Jatim untuk meregenerasi para pengrajin,” katanya sambil menjelaskan bahwa regenerasi itu sangat penting untuk memberikan dinamika dan warna baru kepada dunia pengrajin batik.

Ia berharap, Lomba Desain Batik ini bisa terus dapat diadakan. Tidak hanya lomba desain batik, tetapi lomba-lomba kerajinan lainnya seperti furniture juga dapat dilaksanakan.

Selain itu, kepada pengrajin juga diharapkan bisa diberikan fasilitas yang dapat menampilkan hasil kreasinya.

Halaman
12
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved