XL Perkirakan Ada Lonjakan Trafik Data Sebesar 43 Persen Selama Ramadan

Menjelang libur hari raya Idul Fitri PT XL Axiata optimistis jaringan seluler yang dimilikinya akan mampu menampung peningkatan trafik

XL Perkirakan Ada Lonjakan Trafik Data Sebesar 43 Persen Selama Ramadan
surabaya.tribunnews.com/sugiharto
Direktur Komersial XL Axiata, Allan Bonke (kanan) bersama Group Head XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim, dalam acara Safari Ramadan XL Axiata di Hotel Santika Premiere, Surabaya (15/5). Dalam kesempatan ini XL Axiata sekaligus menyampaikan kesiapan Jaringan dan layanan dalam rangka melayani kebutuhan masyarakat selama libur Lebaran di daerah tujuan mudik dan tempat wisata di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan seluruh Sulawesi. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menjelang libur hari raya Idul Fitri yang berlanjut libur kenaikan kelas, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) optimistis jaringan seluler yang dimilikinya akan mampu menampung peningkatan trafik.

Apalagi pihaknya telah melakukan peningkatkan kualitas jaringan data di Kawasan Timur Indonesia, termasuk Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timut (NTT), dan Sulawesi.

"Untuk itu, penguatan jaringan data ini terus dilakukan seiring dengan tumbuhnya trafik dan berkembangnya jumlah pelanggan di kawasan ini. Menyambut libur panjang Lebaran 2019 yang sudah semakin dekat, kami juga telah menyiapkan jaringan di seluruh wilayah layanan East Region yang meliputi 10 provinsi," kata Mochamad Imam Mualim, Group Head XL Axiata East Region, Rabu (15/5/2019).

Saat ini di wilayah East Region sudah terdapat lebih dari 32.000 BTS, termasuk di antaranya lebih dari 8.300 BTS 4G dengan total jumlah pelanggan lebih dari 12,6 juta untuk area Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan seluruh Sulawesi.

Untuk trafik layanan di East Region setahun terakhir naik mencapai sekitar 58 persen.

"Pencapaian ini tentu perlu kami imbangi dengan pembangunan infrastruktur jaringan secara memadai agar kualitas layanan tetap prima," tambahnya.

Menurut Imam, trafik layanan data tumbuh signifikan di hampir semua provinsi wilayah East Region terutama karena kepuasan pelanggan atas kualitas layanan yang terus meningkat.

Hal ini bisa tersajikan karena berimbangnya antara semakin baiknya kualitas jaringan dan berbagai penawaran produk layanan data yang memang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di semua segmen melalui brand XL dan AXIS.

Khusus untuk menyambut masa libur panjang Lebaran tahun ini, XL Axiata East Region telah secara serius melakukan persiapan baik dari sisi jaringan maupun produk layanan. Kapasitas jaringan di seluruh area rata-rata telah ditingkatkan menjadi duakali lipat untuk antisipasi kenaikan trafik yang diperkirakan akan naik sekitar 43 persen dari trafik hari normal.

Untuk area Jawa Timur, merujuk pada tahun-tahun sebelumnya, peningkatan tertinggi diperkirakan akan terjadi di Kabupaten Sampang dan Kabupaten Banyuwangi.

"Sementara itu, area Bali peningkatan tertinggi diperkirakan akan terjadi di Kabupaten Buleleng. Area Nusa Tenggara Barat di Kabupaten Lombok Timur, sedangkan di Sulawesi diperkirakan terjadi di Kota Makassar," jelas Imam.

Untuk jaringan, selain meningkatkan kapasitas secara umum sesuai kebutuhan, XL Axiata juga telah menyiapkan dukungan Mobile BTS (MBTS) di sejumlah wilayah yang memerlukan yaitu di Exit Tol Ngawi dan beberapa titik di Jawa Timur serta di Kota Palu -Sulawesi Tengah.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved