Berita Malang Raya

Urai Kepadatan di Exit Tol Singosari Malang, Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Diberlakukan

Kepadatan kendaraan di pintu keluar tol itu karena belum rampungnya pembangunan proyek underpass.

Urai Kepadatan di Exit Tol Singosari Malang, Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Diberlakukan
surya.co.id/hayu yudha prabowo
Sejumlah mobil melintasi Pintu Tol Singosari pada hari pertama operasional Tol Malang - Pandaan (Mapan), Selasa (14/5/2019). Pada hari pertama operasional Tol Mapan yang masih gratis, masih banyak pengguna tol yang tidak membawa kartu e Toll, sehingga tidak bisa melewati jalan tol tersebut. 

SURYA.co.id | MALANG - Pasca dibukanya tol Pandaan Malang, kepadatan kendaraan masih terlihat terutama di exit tol Singosari, Kabupaten Malang, Rabu (15/5/2019).

Kasat Lantas Polres Malang AKP William Thamrin Simatupang mengungkapkan, kepadatan kendaraan di pintu keluar tol itu karena belum rampungnya pembangunan proyek underpass.

Pantauan SURYA.co.id, para pekerja proyek masih mengebut pengerjaan proyek yang diharapkan mengurai kemacetan di perempatan Karangploso - Malang - Batu itu.

Beberapa waktu lalu underpass sempat diuji coba, namun baru satu lajur saja yang sudah jadi yakni di sisi barat.

Sedangkan lajur timur masih dilakukan pengerjaan.

Maka dari itu, William mengaku pihaknya mempunyai kebijakan terkait pengaturan lalu lintas.

"Kami ambil kebijakan karena volume kendaraan kalau pagi itu dari arah Utara Surabaya - Malang volumenya tinggi, jadi kami fungsionalkan ke arah Selatan satu jalur. Nanti, baru setelah jelang siang diatas jam 12.00 kami balik dari arah selatan (Malang) menuju ke Surabaya," terang William, ketika dikonformasi, Rabu (15/5/2019).

William menyebut, kebijakan tersebut dirasa tepat khusunya pada siang hari kepadatan arus kendaraan memang sudah berbalik ke arah Surabaya.

Terkait kapan beroperasinya underpass, William memprediksi pengoperasian penun dua jalur underpass bisa digunakan pada H-7 Lebaran.

Ia juga tak memungkiri beroperasinya tol yang sudah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Selasa (13/5/2019) lalu dan mulai dioperasionalkan Rabu (14/5/2019) kemarin, lalu lintas di jalan arteri Malang - Surabaya akan lebih lengang dari sebelumnya.

Halaman
123
Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved