Grahadi

Beranda Grahadi

Gubernur Khofifah Ajak Petani Melon Tanam Melon Prima, Begini Alasannya

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengajak petani melon untuk mulai menanam melon prima.

Gubernur Khofifah Ajak Petani Melon Tanam Melon Prima, Begini Alasannya
istimewa
Gubernur Khofifah saat panen melon prima di UPT Pengembangan Agrobisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura, Desa Lebo, Sidoarjo, Rabu (15/5/2019). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengajak petani melon untuk mulai menanam melon prima. Ajakan ini dikatakan Gubernur Khofifah saat panen melon prima di UPT Pengembangan Agrobisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura, Desa Lebo, Sidoarjo, Rabu (15/5/2019).

Gubernur Khofifah menuturkan harga jual melon prima mencapai tiga kali lipat dari harga melon super. Pasarnya pun luas dan sangat potensial, sehingga diharapkan para petani juga akan semakin meningkat kesejahterannya.

“Harganya dibanding melon biasa sangat jauh perbedaannya. Melon dengan sertifikat prima itu harganya tiga kali lipat dari melon super. Jika melon super dijual Rp 6.000/kg, maka melon
prima bisa mencapai Rp 18.000/kg,” kata Gubernur Khofifah dalam rilis yang diterima Surya.

Untuk menanam melon prima memang membutuhkan tambahan modal.

Namun di sisi lain, marketnya sangat menjanjikan, apalagi jika diiringi inovasi dan kreativitas yang unik, seperti buah melonnya dibentuk kotak (square), atau hati (heart), kemudian ditambahkan aksesoris pita, sehingga menjadi lebih eksklusif.

“Ini sesuatu banget, dan ini sudah bisa masuk ke market yang lebih memberikan nilai tambah bagi petani,” sambungnya.

Gubernur Khofifah lantas mencontohkan, beberapa pemesan melon prima ini berasal dari dalam dan luar kota, bahkan provinsi.

Salah satunya beberapa supermarket modern dan buah-buahan terkenal di Surabaya yang memesan sebanyak 600 buah atau sekitar 800 kg.

Dengan bertanam melon prima, orang nomor satu di Jatim ini optimis akan berkontribusi menurunkan angka kemiskinan di pedesaan, serta Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Jatim.

Gubernur wanita pertama di Jatim ini mengatakan, salah satu contoh sukses bertani melon adalah petani di Plumpang, Tuban.

Halaman
12
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved