Berita Kesehatan

Waspadai Infeksi Saluran Kencing pada Anak-anak! Inilah Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

dr Wisnu Laksmana SpU, menuturkan, anak laki-laki memiliki resiko lebih besar terjangkit ISK daripada anak perempuan

Waspadai Infeksi Saluran Kencing pada Anak-anak! Inilah Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya
surabaya.tribunnews.com/Christine Ayu Nurchayanti
Dokter spesialis urologi Manyar Medical Centre, dr Wisnu Laksmana SpU 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bukan hanya orang dewasa, ternyata anak-anak juga berpotensi mengalami infeksi saluran kencing (ISK).

Dokter spesialis urologi Manyar Medical Centre, dr Wisnu Laksmana SpU, menuturkan, anak laki-laki memiliki resiko lebih besar terjangkit ISK daripada anak perempuan dan akan berbanding terbalik ketika dewasa.

"Anak laki-laki rawan terinfeksi karena belum dikhitan yang menyebabkan kulit kepala kemaluannya masih menempel. Para orangtua, biasanya kurang aware ketika memandikan, utamanya ketika membersihkan area kemaluan. Mereka tidak membuka dan membersihkan kulit kepala kemaluan anak sampai bersih. Kotoran yang masih menempel akan menumpuk dan tumbuh menjadi infeksi," jelas Wisnu.

Sementara itu, anak perempuan, lanjutnya, kemungkinannya lebih kecil karena area kemaluan lebih mudah dibersihkan dan dibilas.

Sebagain besar ISK pada anak-anak disebabkan oleh faktor anatomis yang merupakan bawaan sejak lahir.

"Misalnya, pada anak laki-laki terjadi kelainan fimosis atau terjadi pelekatan pada kulit kepala kemaluan. Kalau lengket dari lahir, air kencing tidak semua bisa keluar sehingga menjadi sumber infeksi," tutur Wisnu.

Atau, lanjutnya, ketidaksempurnaan pembentukan organ atau saluran itu sendiri, seperti ginjal, kandung kemih, dan saluran kencing, yang bisa memicu aliran kencing tidak lancar dan menyebabkan infeksi.

Lantas, apa gejala yang timbulkan dari ISK pada anak-anak?

"Gejala yang paling khas saat seorang anak mengalami ISK adalah demam secara berulang tanpa sebab yang jelas. Pemberian obat bisa menurunkan panas secara sementara, setelahnya akan panas lagi," terang Wisnu.

Selain itu, anak-anak yang terjangkit ISK sulit mengalami kenaikan berat badan.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved